Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar--Medcom.id/Achmad Zulfikar Fazli.
Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar--Medcom.id/Achmad Zulfikar Fazli.

Kampanye Hitam Bukan Gaya Jokowi

Pemilu pilpres 2019
M Sholahadhin Azhar • 25 Januari 2019 17:00
Jakarta: Peredaran tabloid Indonesia Barokah tak berkaitan dengan pasangan calob nomor urut 01. Utamanya terkait tudingan kampanye hitam sebagai konten tabloid, sebab itu bukan gaya calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo.
 
"Secara prinsip Pak Jokowi tegas tidak mau menggunakan black campaign untuk melakukan kampanye," kata Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar di Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat, 25 Januari 2019.
 
Menurutnya, tak mungkin ada kampanye hitam yang dilakukan Jokowi. Anggota Dewan Pengarah Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf ini tegas minta polisi mengusut tabloid itu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hal ini kata dia, untuk membuktikan terlebih dahulu soal kampanye hitam di media tersebut. Seperti yang digaungkan kompetitor. "Kalau itu black campaign kita ingatkan supaya tidak dilanjutkan," ancam Cak Imin.
 
Baca: TKN Dukung Pengusutan Tabloid Indonesia Barokah
 
Ia sendiri belum pernah melihat isi dari tabloid, sehingga tak mau berbicara lebih detail. Fokusnya supaya pihak berwajib membuktikan kampanye hitam melalui media tersebut.
 
Jika ada, maka jelas hal tersebut bukan dari pihaknya. Sebab rekam jejak Jokowi sejak dulu membuktikan tak pernah menggunakan cara seperti itu.
 
Lebih lanjut Cak Imin juga enggan berkomentar mengenai modus operandi Indonesia Berkah, yang disebut Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, mirip Obor Rakyat. Imin ingin agar konten tabloid diteliti terlebih dahulu. "Saya enggak tahu dicek dulu isinya apa," sebutnya.
 
Untuk diketahui, saat ini Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Dewan Pers tengah mendalami konten dari tabloid Indonesia Berkah. Pendalaman itu untuk memastikan ada atau tidaknya konten kampanye hitam di media tersebut.
 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif