Diskusi 'Kampus dan Pemilu 2019' - Medcom.id/Intan Yunelia.
Diskusi 'Kampus dan Pemilu 2019' - Medcom.id/Intan Yunelia.

Akademisi Diminta Berperan Menjaga Netralitas Pemilu

Pemilu pilpres 2019 pemilu serentak 2019
Intan Yunelia • 12 Januari 2019 11:31
Jakarta: Pesta demokrasi 2019 akan diikuti tiga pilar penting yaitu politik society, sipil society termasuk kampus, dan media. Untuk menjaga netralitas pesta demokrasi, akademisi diminta ikut berperan lebih di masyarakat.
 
Juru Bicara Tim Kampanye Nasional Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Zuhairi Misrawi, mengatakan dengan keterlibatan guru besar di perguruan tinggi dapat memberikan edukasi berdemokrasi melalui tulisan jurnal dan lainnya. Sehingga, masyarat tak hanya diberatkan oleh partai politik.
 
"Kita menggarisbawahi sipil society itu harus hadir di tengah kontestasi politik kita. Terutama kalangan kampus. Beberapa tulisan dari guru-guru besar di Harian Nasional, Kompas, Kontan, Jawa Pos dan lainnya itu menjadikan demokrasi kita semakin berkualitas," kata Zuhairi dalam diskusi 'Kampus dan Pemilu 2019' di The Atjeh Connection, Sarinah, Jakarta Pusat, Sabtu, 12 Januari 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


(Baca juga:Kampus Harus Jaga Netralitas)
 
Dengan tulisan dari akademisi tersebut, masyarakat bisa mempelajari fakta-fakta yang benar dan tidak. Karena jurnal yang dikemukakan berdasarkan data yang ada bukan hanya perkataan tanpa bukti.
 
"Saya ingin ada paper yang tidak hanya menyampaikan dukungan tapi juga men-challenge kritik dan masukan terhadap program yang sudah dilakukan Pak Jokowi terkait ekonomi," ujar Zuhairi.
 
Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini menyebut, Pemilu 2019 banyak diwarnai oleh hoaks. Bahkan, tak sedikit orang lebih senang mencari informasi di media sosial dengan potongan-potongan video yang menghilangkan konten berita.
 
"Sayangnya tulisan-tulisan (guru besar) itu kalah rebut pengaruh dibanding postingan pendek di medsos. Media seharusnya mengundang orang ini (guru besar) untuk tampil ke publik," tutur dia.
 
(Baca juga:Pola 'Pertarungan' Jokowi dan Prabowo Diprediksi Sama)
 

 

(REN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif