Erick Yakin Elektabilitas Jokowi-Maruf Bakal Meningkat
Ketua Tim Kampanye Nasional Koalisi Indonesia Kerja (TKN-KIK) Erick Thohir. Medcom.id/ M Sholahadhin Azhar,
Jakarta:Ketua Tim Kampanye Nasional Koalisi Indonesia Kerja (TKN-KIK) Erick Thohir merespons pandangan mengenai elektabilitas pasangan calon nomor urut 01 yang dianggap stagnan. Menurut dia, memang belum waktunya menggenjot elektabilitas secara masif.

Erick meminta semua pihak menunggu lonjakan elektabilitas, khususnya ketika calon wakil presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin mulai bergerak. "Kan Abah belum bergerak. Belum kampanye. Kalau nanti abah kampanye, wuih (naik elektabilitasnya)," ujar Erick saat Workshop Nasional TKN di Hotel Sahid, Jakarta Pusat, Jumat, 7 Desember 2018.


Menurut dia, Ma'ruf baru aktif berkampanye di awal 2019 nanti. Ada pun kegiatan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) berkeliling ke beberapa pondok pesantren dikatakan bukan bentuk kampanye. 

Kunjungan Ma'ruf itu, sebut Erick, adalah bentuk silaturahmi semata. TKN sendiri tidakk mempermasalahkan itu. Sebab perilaku yang ditunjukkan Ma'ruf sesuai dengan budaya timur, sowan terlebih dulu dan memperkenalkan diri.

Erick sendiri menakar, gerakan Ma'ruf dalam kampanye nanti akan menggenjot elektoral paslon nomor 01. Sebab saat ini saja, petahana bertahan di presentase 53 persen. Poin itu sama dengan kemenangan Joko Widodo di pilpres 2014 lalu. 

"Nah, hari ini beliau 53 persen ini cawapresnya Kiai Haji Ma'ruf Amin ini akan bergerak pasti di atas 53 persen. Kan beliau baru Pak Cawapres masuk," sebut Erick. 

Hitungan dia, elektabilitasnya tidak akan bergeser dari poin semula. Sebab saat ini, Wakil Presiden Jusuf Kalla berkomitmen memenangkan pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin sebagai Dewan Penasihat TKN. Artinya, kontribusi Kalla akan serupa dengan saat dipinang Jokowi di 2014.

"Alhamdulillah Pak JK komit bersama-sama menjadi dewan penasehat, kami juga nanti ada rapat rapat dan arahan dari beliau," kata dia.

Atas dasar itu, Erick menegaskan pihaknya optimis pergerakan Ma'ruf dapat mendongkrak elektabilitas di atas 53 persen. "Belum bergerak saja sudah 53 persen. Apalagi beliau bergerak. Insyaallah lah," Erick.




(SCI)

metro tv
  • OpsiOpsi
  • kick andyKick Andy
  • economic challengesEconomic Challenges
  • 360360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id