Ide Uang Braille Memundurkan Semangat Kesetaraan
Diskusi di Rumah Cemara - Medcom.id/Arga Sumantri.
Jakarta: Ide uang braille dinilai tak memecahkan permasalahan menyeluruh bagi penyandang disabilitas. Ide itu juga dinilai menarik mundur semangat inklusif (kesetaraan) bagi penyandang disabilitas. 

"Karena kalau mencetak uang braille itu kita (penyandang disabilitas) menjadi ekslusif," kata Pendiri Lembaga Advokasi Inklusi Disabilitas (Audisi) Yustitia Arif di Posko Cemara, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu, 21 November 2018. 


Yustitia menyebut ide uang braille tidak bisa serta merta diklaim sebagai bentuk keberpihakan. Paling dibutuhkan penyandang disabilitas, kata dia, adalah bagaimana seluruh pihak bisa mengedukasi masyarakat kalau disabilitas adalah bagian dari keberagaman. 

"Hambatan penyandang disabilitas adalah aksesbilitas dan stigma. Paradigmanya masih eksklusif untuk disabilitas," ujarnya.

Yustitia menjelaskan, sejauh ini semangat memperbaiki paradigma terhadap kaum disabilitas harus terus digodok. Salah satu upayanya adalah dengan hadirnya Undang-undang Nomor 8 Tahun 2016 tentamg Disabilitas. 

(Baca juga: Ide Uang Braille Dipertanyakan)

"Dalam undang-undang ini misalnya telah menghapus istilah penyandang cacat, tapi penyandang disabilitas," ujarnya. 

Direktur Komunikasi Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Hashim Djojohadikusumo menjanjikan kemudahan bagi penyandang disabilitas. Salah satunya, pencetakan uang braille jika Prabowo-Sandi menang.

"Itu ide saya untuk bikin mata uang braille. Kami dapat aspirasi dari tunanetra ada banyak yang bekerja jadi tukang pijat di panti," kata Hashim, saat peluncuran buku Paradoks Indonesia versi huruf Braille, Jumat, 16 November 2018.

Selain uang braille, kubu Prabowo-Sandi juga ingin mencuri perhatian penyandang disabilitas dengan menjanjikan bakal memberikan beasiswa kepada anak kaum disabilitas, termasuk tunanetra. Ini dilakukan agar mereka bisa membantu orang tuanya.

(Baca juga: Prabowo-Sandi Usul Mata Uang Braille Khusus Tunanetra)
 



(REN)

metro tv
  • OpsiOpsi
  • kick andyKick Andy
  • economic challengesEconomic Challenges
  • 360360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id