ilustrasi. Medom.id/Rizal
ilustrasi. Medom.id/Rizal

Defi Warman Kejutkan Dapil Riau 1

Pemilu pemilu serentak 2019
20 Maret 2019 17:00
Jakarta: Politikus PKB Lukman Edy berpeluang menggeser sejumlah calon anggota legislatif (caleg) petahana di daerah pemilihan (dapil) Riau I. Elektabilitas mantan Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal dan calon gubernur Riau tersebut meraih elektabilitas sebesar 7,6 persen.
 
Hal itu terlihat dari hasil survei Y-Publica yang dilakukan pada 21-30 Januari 2019 di dapil Riau I.Pendatang baru Defi Warman juga membuat kejutan dengan elektabilitas 4,9 persen dan berpeluang menyumbangkan satu kursi untuk Partai Solidaritas Indonesia (PSI).
 
Caleg lainnya adalah juru bicara BPN Prabowo-Sandi, Miftah Sabri dari Gerindra (6,9 persen) dan mantan gubernur Riau dari Golkar Arsyadjuliandi Rachman (3,4 persen).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Caleg petahana dikhawatirkan gagal melenggang ke Senayan dengan munculnya Lukman Edy dan Defi Warman,” kata Direktur Eksekutif Y-Publica, Rudi Hartono, Rabu 20 Maret 2019.
 
Sebut saja Jon Erizal dari PAN (4,1 persen), Sayed Abubakar Assegaf dari Demokrat (3,1 persen), dan Chaerul Anwar dari PKS (2,6 persen).
 
Defi Warman Kejutkan Dapil Riau 1
 
Sementara itu kader senior PDIP Effendi Sianipar meraih elektabilitas tertinggi sebesar 12,1 persen. Tabrani Maamun yang merupakan adik mantan gubernur Riau Annas Maamun menyusul dengan elektabilitas 9,3 persen. Sedangkan Rita Zahara yang pindah dari Gerindra ke Nasdem hanya meraih elektabilitas 2,3 persen.
 
Mantan kepala daerah dan kerabatnya turut bersaing dalam bursa Pileg. Misalnya mantan bupati Bengkalis Syamsurizal (0,5 persen), mantan bupati Rokan Hulu Achmad (0,3 persen), dan mantan calon gubernur Rusli Effendi (1,8 persen). Lalu istri wakil walikota Pekanbaru Indria Rita (0,9 persen) dan anak mantan walikota Pekanbaru Irvan Herman (0,4 persen).
 
Ada pula pimpinan NU Riau Wan Abu Bakar (1,5 persen) dan pimpinan Muhammadiyah Riau Rusli Ahmad (1,1 persen). Lalu anggota DPRD Riau Santi Supriyanti (1,0 persen), pengurus DPP Demokrat Cornel Simbolon (0,6 persen), dan caleg PSI Priscilla Henny Destianty (0,1 persen). “Masih ada sebanyak 27,1 persen yang belum menentukan pilihan,” pungkas Rudi.
 
Survei Y-Publica dilakukan pada 21-30 Januari 2019 di dapil Riau I. Dalam Pileg 2019, dapil Riau I mendapat alokasi 7 kursi. Jumlah responden sebanyak 800 orang mewakili tiap kecamatan. Sampel dipilih secara acak bertingkat, dengan margin of error 3,5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.
 

(FZN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif