Karopenmas Mabes Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo. Foto: Medcom.id/Ilham Pratama Putra
Karopenmas Mabes Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo. Foto: Medcom.id/Ilham Pratama Putra

Polri Minta Masyarakat Tunggu Hasil Hitung Suara KPU

Pemilu pemilu serentak 2019
Cindy • 17 April 2019 18:33
Jakarta: Polisi akan terus mengawal proses pengamanan pemilihan umum (pemilu) hingga penghitungan nasional di Komisi Pemilihan Umum (KPU). Karopenmas Mabes Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan pihaknya bersama TNI secara intensif melakukan pengawalan penghitungan surat suara.
 
"Untuk (penghitungan) pilpres mungkin sudah selesai. Tapi fokus pengamanan selanjutnya adalah penghitungan DPR RI, DPR provinsi, DPR kabupaten dan DPD," katanya di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu, 17 April 2019.
 
Lanjutnya, pihaknya juga akan mengawal surat suara dari TPS hingga tingkat KPU nasional. Selama 35 hari hingga penghitungan KPU fokus pengamanan ditingkatkan baik pemilu dan konflik di masyarakat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kita masih ada agenda mengamankan penghitungan secara nasional di KPU. Demikian pula Polri masih fokus mengamankan kegiatan masyarakat lainnya seperti Jumat Agung," ucap Dedi.
 
Dia menuturkan potensi ancaman pemilu bisa berupa perampasan surat suara, pengancaman, penganiayaan terhadap petugas TPS dan KPPS. Pembakaran, pengrusakan hingga terjadinya bentrok di masyarakat. Potensi tersebut bakal diantisipasi oleh aparat kepolisian bersama TNI.
 
Baca:Ketum Golkar Menunggu Hasil Final KPU
 
"Kita intensifkan kegiatan patroli terpadu bersama rekan TNI dan menghimbau masyarakat juga meningkatkan sistem keamanan lingkungan, ronda-ronda di kampung dihidupkan kembali," terang Dedi.
 
Pihaknya juga mengimbau masyarakat bersabar dan tidak memobilisasi massa untuk menyelenggarakan kemenangan awal. Masyarakat diminta menunggu secara resmi hasil perhitungan suara secara nasional dari KPU.
 

(DMR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:25
  • SUBUH04:35
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif