Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Hasto Kristiyanto. Foto: Medcom.id/M Sholahadhin Azhar
Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Hasto Kristiyanto. Foto: Medcom.id/M Sholahadhin Azhar

Jokowi Akan Fleksibel Saat Debat

Pemilu debat capres cawapres pilpres 2019 Jokowi-Ma`ruf
M Sholahadhin Azhar • 17 Februari 2019 12:52
Jakarta: Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo bakal tampil cantik seperti petinju Muhammad Ali saat debat nanti. Petahana akan menakar respons dan menyesuaikan pendapat kompetitor.
 
"Jadi nanti debatnya ya akan melihat situasional yang berkembang. Kalau adem ayem ya ngapain harus offensif," kata Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Hasto Kristiyanto, di Menteng, Jakarta Pusat, Minggu, 17 Februari 2019.
 
Pada debat pertama, Jokowi menunjukkan dirinya sebagai petahana. Sehingga wajar jika menunjukkan sikap ofensif. Hasto melihat Jokowi menonjolkan kinerjanya dalam empat tahun terakhir.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Menyangkut bangsa dan negara diperlukan ketegasan sikap," sambung Hasto.
 
Menurutnya, semangat offensif tak hanya dilakukan di debat. Jokowi juga 'menyerang' dalam kebijakannya, terutama dalam nasionalisasi Sumber Daya Alam (SDA). Kepemilikan saham mayoritas di Freeport, ambil alih Blok Mahakam dan Cepu, menjadi bukti nyata.
 
"Jadi ofensif bagi Pak Jokowi tidak hanya muncul pada saat debat," ujar Hasto.
 
Persiapan debat dipastikan sudah matang. Sejak Kamis 14 Februari, tim materi sudah memberikan pembekalan pada calon presiden 01.
 
Baca:Debat Capres Diharap Mencerdaskan
 
Prinsipnya, dalam debat nanti Jokowi fokus pada konsentrasi gagasan visi-misi terkait tema debat. Hasto menegaskan Jokowi siap lahir batin menghadapi Prabowo Subianto saat sebat nanti.
 
"Yang penting dalam debat itu akan tercermim dasar dari seorang pemimpin," tandas Hasto.
 
Silang pendapat hari ini akan mengusung isu Sumber Daya Alam (SDA), lingkungan hidup, energi dan pangan serta infrastrutkur. Debat ini akan disiarkan oleh stasiun televisi terpilih yakni televisi RCTI, GTV, MNC TV, dan iNews TV dengan moderator Anisha Dasuki dan Tommy Tjokro.
 

 

(DMR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif