Wakil Presiden RI Jusuf Kalla. Foto: MI/Adam Dwi
Wakil Presiden RI Jusuf Kalla. Foto: MI/Adam Dwi

JK Yakin Tak Ada Kericuhan Pascapilpres

Pemilu pilpres 2019
Achmad Zulfikar Fazli • 17 Maret 2019 19:47
Bandung: Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) yakin tak akan ada kericuhan pascapilpres nanti. Hal tersebut berkaca kepada tiga pilpres sebelumnya yang selalu berjalan aman dan damai.
 
Hal itu disampaikan JK dalam menjawab pertanyaan salah seorang warga Bandung, Leni Yulaini, yang meminta kejelasan soal informasi akan ada kericuhan pascapilpres nanti.
 
"Pemilu kali ini pemilu yang keempat langsung memilih presiden. Dan selama 3 kali sebelumnya alhamdulillah tidak ada chaos, keributan," kata JK saat berdiskusi pada acara silaturahmi kebangsaan Jenggala Center, di Hotel Horison, Bandung, Jawa Barat, Minggu, 17 Maret 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pemilu Indonesia berbeda dengan di negara lain. Dia mencontohkan Filipina dan Pakistan yang setiap kali menggelar pemilu pasti selalu memakan korban jiwa. Tapi, hal itu tak pernah terjadi di Indonesia.
 
Menurut JK, masyarakat Indonesia sudah sangat baik dalam berdemokrasi. Aturan yang dibuat pun sudah sangat ketat.
 
Para pihak yang kalah juga disediakan ruang untuk menggugat ke Mahkamah Konstitusi (MK). Karena itu, dia yakin Pemilu 2019 ini akan berjalan aman dan damai.
 
"Setelah pemilu siapa yang kalah tidak puas ya ajukan ke MK dan diharapkan tokoh masyarakat memberikan pengalaman dan nasihatnya sehingga tidak ada apa-apa," kata pendiri Jenggala Center itu.
 
Pilpres 2019 akan berlansung serentak dengan pemilihan legislatif. Hari pencoblosan ditetapkan pada Rabu, 17 April 2019.
 
Ada dua pasangan calon yang akan bertarung. Pasangan nomor urut 01 ialah calon presiden petahana Joko Widodo dan calon wakil presiden Ma'ruf Amin. Lawannya, nomor urut 02, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno.
 

(MBM)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi