Sekjen Partai NasDem Johnny G. Plate/MI/Mohamad Irfan
Sekjen Partai NasDem Johnny G. Plate/MI/Mohamad Irfan

NasDem Mengandalkan Ketokohan Menghadapi Pileg

Pemilu partai nasdem pemilu serentak 2019
Arga sumantri • 09 Januari 2019 16:30
Jakarta: Partai NasDem mengandalkan ketokohan meraup suara sebanyak mungkin pada Pileg 2019. Sekjen Partai NasDem menegaskan Ketua Umum Surya Paloh berkontribusi banyak pada aspek itu.
 
"(Surya Paloh) sudah dikenal betul secara nasional," tegas Johnny kepada Medcom.id, Rabu, 9 Januari 2019.
 
Kekuatan NasDem juga ada pada figur para calon anggota legislatif (caleg). Johnny memastikan NasDem memiliki figur caleg mumpuni mulai di level DPR hingga DPRD provinsi, kabupaten, dan kota.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Surya Paloh: NasDem Harus Jadi Benteng NKRI
 
Kekuatan ketokohan disinergikan melalui kerja sama politik di daerah pemilihan (dapil). Kerja sama dilakukan sesama caleg dalam satu dapil atau sinergisitas caleg yang sifatnya hierarki.
 
"Seperti caleg kabupaten dan kota dengan provinsi, hingga nasional. Kekuatan NasDem itu," ucap dia.
 
NasDem juga melakukan kampanye secara makro dan mikro. Model kampanye makro biasanya melibatkan Ketua Umum NasDem Surya Paloh dan Dewan Pimpinan Pusat (DPP). Kampanye dilakukan melalui manuver politik dan sosialisasi gagasan besar di tingkat nasional.
 
Sedangkan kampanye mikro dilakukan para caleg dengan cara berkampanye dari pintu ke pintu. Cara ini, kata Johnny, berlangsung di seluruh dapil.
 
Baca: Surya Paloh Minta Caleg NasDem Bertarung Jujur
 
NasDem memiliki 575 caleg DPR di 80 dapil. Caleg merupakan tokoh berkompetensi dan kaya pengalaman.
 
Mereka juga punya basis elektoral kuat di dapil masing-masing. Situasi ini diyakini bakal memberikan suntikan suara untuk dikonversi menjadi kursi.
 
"Sehingga perolehan suara NasDem akan diakumulasi oleh suara calon-calon ini," beber dia.
 
Johnny menyebut kartu keanggotaan(party-ID) NasDem juga meningkat. Party-ID merupakan ukuran kedekatan warga dengan partai yang diyakini untuk dipilih ketika pemilu dilaksanakan. Pada 2014, party-ID NasDem ada di angka 1,6 persen, sedangkan kali ini di atas 3 persen.
 
"Dengan didukung calon-calon yang kuat, kita yakin NasDem ini akan dua digit (perolehan suara). Akan memenuhi target kita untuk mengisi seluruh dapil nasional (satu kursi satu dapil)," ucap dia.
 

 

(OJE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif