Prabowo-Sandi Diminta Selamatkan Parpol Koalisi

Whisnu Mardiansyah 15 November 2018 12:21 WIB
pilpres 2019Prabowo-Sandi
Prabowo-Sandi Diminta Selamatkan Parpol Koalisi
Prabowo Subianto bersama Sandiaga Uno. Foto: MI/Pius Erlangga
Jakarta: Pileg dan Pilpres dianggap hanya menguntungkan Partai Gerindra sebagai pengusung utama pasangan capres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Demokrat pun meminta Prabowo menjamin parpol koalisi lolos ambang batas parlemen.

"Seharusnya ke Gerindra bagaimana cara kalian atau Prabowo-Sandi menyelamatkan tiga partai lain pendukung kalian," kata Ketua DPP Partai Gerindra Jansean Sitindaon saat dihubungi Medcom.id, Kamis, 15 November 2018.


Perlu dipahami, kata Jansean, fokus pemilu serentak 2019 tertuju ke Pilpres bukan Pileg. Jadi, gerak-gerik capres/cawapres selalu menjadi perhatian publik. Secara otomatis partai pengusung kadernya di pilpres ikut melekat.

"Jangan juga sungkan (Prabowo-Sandi) mengatakan ke basis-basis pemilih yang mereka datangi itu jangan lupa misalnya pilih Demokrat atau PAN atau PKS. Karena memang suka atau tidak hari ini publikasi paling tinggi kan di pilpres," jelas Jansean.

Baca: Demokrat Belum Menangguk Untung dari Prabowo

Jansean menambahkan masing-masing parpol memiliki kedaulatan internal yang tidak bisa diintervensi partai lain. Termasuk pimpinan koalisi.

"Koalisi itu bukan fusi partai. Artinya Demokrat melebur jadi Gerindra kan engga. Ini kan kerjasama dan sinergi yang sama tinggi. Jadi tidak ada disini Demokrat kemudian fusi jadi Gerindra. Rumah tangga masing-masing partai tetap mandiri," tuturnya.

Jadi wajar, kata Jansean, partai-partai koalisi pendukung Prabowo saat ini mementingkan pileg ketimbang pilpres. Pasalnya, ambang batas parlemen 4 persen dirasa cukup berat bagi partai-partai non-pengusung kadernya di pilpres.

"Memang parliamentary threshold 4 persen tinggi sekali. Dan resikonya partai almarhum di tingkat nasional. Resikonya itu resiko kematian. Siapa yang tidak takut menghadapi kematian. Mau tidak mau tiap partai dengan segala cara dan potensi yang ada memaksimalkan kerja-kerja 5 bulan ke depan ini agar lolos 4 persen dan partai tetap hidup," pungkasnya.



(YDH)

metro tv
  • OpsiOpsi
  • kick andyKick Andy
  • economic challengesEconomic Challenges
  • 360360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id