Prabowo Disarankan Minta Maaf
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Foto: MI/Susanto.
Jakarta: Calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto, disarankan meminta maaf terkait kelakarnya soal 'wajah Boyolali'. Permintaan maaf itu penting untuk meredam kemarahan publik.
 
"Prabowo harus melihat, dalam kondisi emosional seperti ini permintaan maaf dan pengakuan kesalahan itu jauh lebih efektif," kata Direktur Lembaga Survei Charta Politika, Yunarto Wijaya kepada Medcom.id, Senin, 5 November 2018.
 
Menurut Yunarto canda Prabowo soal 'wajah Boyolali' bukan hanya berpotensi menyinggung warga Boyolali, namun juga menunjukkan cara pandang Prabowo terhadap masyarakat. Canda itu bisa saja dimaknai publik bahwa Prabowo memandang masyarakat tidak setara.
 
Prabowo, kata Yunarto, seharusnya belajar dari kasus mantan gubernur DKI Jakarta Basuki Tajahaja Purnama (Ahok) dalam kasus penistaan agama. Ahok lebih memilih meminta maaf dan mengakui kesalahannya.
 
"Pada kasus Ahok, ketika ada pihak-pihak yang membela Ahok dan meminta video pidato dilihat secara lengkap dan kontekstual, hal itu malah makin memperburuk posisi Ahok secara elektoral. Saya kira Prabowo bisa belajar dari kasus itu, bahwa dia tidak bisa mempertahankan arogansinya untuk tidak memnta maaf," tuturnya.

Baca: Jokowi Juga Berdarah Boyolali


Wakil Ketua Badan Pemenangan Prabowo-Sandiaga, Eddy Soeparno, mengatakan Prabowo tak bermaksud merendahkan masyarakat Boyolali. "Tak ada maksud Prabowo mengejek dan merendahkan," kata Eddy.
 
Seperti diketahui, saat pidato pada Selasa, 30 Oktober 2018, Prabowo menyebut wajah Boyolali tak bisa masuk hotel mewah. Menurutnya, mereka bisa saja diusir karena wajah Boyolalinya.
 
Prabowo juga menyebut sederet nama hotel mewah. Ia mengatakan warga Boyolali kemungkinan tak bisa menyebut nama-nama hotel mewah tersebut.
 
"Saya yakin kalian tak pernah masuk hotel-hotel tersebut. Betul? Kalian kalau masuk mungkin kalian diusir karena tampang kalian tidak tampang orang kaya. Tampang kalian, ya, tampang-tampang Boyolali," ucap Prabowo di depan pendukungnya di Boyolali.





(FZN)

metro tv
  • OpsiOpsi
  • kick andyKick Andy
  • economic challengesEconomic Challenges
  • 360360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id