Klaim Prabowo Soal Pengancaman Elite Tak Berdampak Elektoral

Damar Iradat 24 November 2018 16:27 WIB
pilpres 2019Prabowo-Sandi
Klaim Prabowo Soal Pengancaman Elite Tak Berdampak Elektoral
Calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto memberikan pembekalan di hadapan ratusan relawannya di Istora Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (22/11). Foto: Medcom.id/Whisnu Mardiansyah
Jakarta: Klaim Prabowo Subianto soal elite diancam karena mendukungnya tak akan mendongkrak elektabilitas calon presiden nomor urut 02. Prabowo seharusnya tak melontarkan hal tersebut ke ranah publik.

"Saya pikir enggak ada (efek elektoral). Sebab bagaimana pun rakyat kita semakin cerdas, semakin terdidik, dan sudah kebal dengan segala macam isu-isu yang sifatnya negatif lah," kata Peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Syamsuddin Haris di kawasan Sarinah, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Sabtu, 24 November 2018.


Syamsuddin mengatakan seharusnya Prabowo tak melontarkan hal tersebut dalam masa kampanye. Setidaknya, biarkan tim sukses yang menyampaikan bila pernyataan itu harus diucap.

Ia menilai kampanye belum ada yang mengarah pada hal-hal substansial. Kedua pihak, baik pasangan nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan pasangan nomor urut 02 Prabowo-Sandiaga Uno masih bermain di ranah saling sindir. 

Baca: Prabowo Diminta Membuka Pengancam Elite

Padahal, menurut dia, kampanye merupakan momen kontestasi besar. Sayangnya, kedua pihak tidak memanfaatkan momen tersebut.

"Ini segala macam muncul. Jadi, ini bagi saya sesuatu yang tidak sehat. Calon-calon presiden kita, baik Pak Jokowi maupun Pak Prabowo mesti bisa memisahkan isu apa yang dia mesti sampaikan, isu apa yang tidak," ujarnya.

Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto mengklaim sejumlah elite berniat mendukungnya pada Pilpres 2019. Namun, si elite tersebut tak berani terang-terangan karena mendapatkan ancaman jika mendukungnya. 

Prabowo menyampaikan para elite ini berasal dari berbagai macam jabatan. Ia merasa miris dan prihatin kebebasan berpolitik mereka dibatasi dan justru mendapatkan ancaman.

Baca: Prabowo Klaim Ada Elite Diancam karena Mendukungnya

Prabowo tak membeberkan dari mana ancaman itu datang. Ia juga tak merinci siapa elite yang diancam. Imbasnya, kata dia, para elite harus mendukungnya secara diam-diam.



(DMR)

metro tv
  • OpsiOpsi
  • kick andyKick Andy
  • economic challengesEconomic Challenges
  • 360360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id