Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh (kanan). Foto: MI/Putra Ananda.
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh (kanan). Foto: MI/Putra Ananda.

Surya Paloh Ingin NasDem Ubah Persepsi Publik

Pemilu partai nasdem
Faisal Abdalla • 21 Januari 2019 20:10
Bengkulu: Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh mengakui institusi partai politik (parpol) masih mendapat stigma negatif dari masyarakat. Surya ingin NasDem mengubah persepsi masyarakat terhadap partai politik.
 
"Dengan berat hati harus saya katakan sesungguhnya posisi parpol mendapat sorotan yang cukup tajam dari masyarakat," kata Surya saat acara konsolidasi caleg dan kader Partai NasDem se-Provinsi Bengkulu, Senin, 21 Januari 2019.
 
Menurut dia, sejatinya parpol mendapat tempat istimewa dalam sistem demokrasi. Parpol diberi hak oleh konstitusi untuk mengusung presiden dan wakil presiden, kepala daerah, hingga membentuk peraturan perundang-undangan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Seharusnya, lanjut Surya, parpol bisa memanfaatkan posisi strategis itu untuk memperjuangkan kepentingan bangsa dan mengisi cita-cita kemerdekaan. Sebaliknya, sangat disayangkan jika parpol hanya memanfaatkan posisi ini untuk kepentingan sektoral semata.
 
"Ketika institusi partai politik ini hanya berenti pada kepentingan tetek bengek, yang memang terbatas pada pribadi, kelompok, golongan, bahkan secara sadar maupun tidak mengancam persatuan dan kesatuan bangsa ini, Masyaallah, duka nestapa ada pada kita semua," ungkap dia.
 
Untuk itu, Surya menegaskan NasDem harus jadi partai yang mampu mengubah persepsi masyarakat akan institusi partai politik. Kader NasDem diminta bersikap konsisten antara ucapan dan perbuatan.
 
"Kalau itu saja tak bisa kita berikan, tidak ada gunanya institusi parpol yang bernama NasDem ini," jelas dia.
 
Baca: Warga Seharusnya Memiliki Ikatan Emosional dengan NKRI
 
Surya mengatakan partai politik seharusnya berpegang teguh pada dasar filosofis yang menjadi ideologi partai. Ideologi Partai NasDem, lanjut Surya, adalah partai nasionalis yang religius.
 
"Ideologi ini melahirkan kebijakan parpol Termasuk policy dan kebijakan kita. Kita adalah partai nasionalis yang religius yang memberikan kebijakan dan menawarkan gerakan perubahan, restorasi indonesia," tegas Surya.
 


 

(OGI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif