Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah. Foto: Medcom.id/Ilham Pratama.
Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah. Foto: Medcom.id/Ilham Pratama.

Fahri Sebut Debat Capres Hanya Sandiwara

Pemilu pilpres 2019 Jokowi-Ma`ruf Prabowo-Sandi
Ilham Pratama Putra • 18 Januari 2019 17:42
Jakarta: Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah menilai debat pertama capres cawapres seperti sandiwara. Sebab, kisi-kisi soal diberikan dan paslon telah menyiapkan jawaban.
 
"Itu konyol, debat itukan adu argumen. Adu argumen itu artinya keluar secara spontan atau gugatan yang datang dari lawan debat," kata Fahri di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Jumat 18 Januari 2019.
 
Menurutnya, debat menjadi konyol karena KPU mengeluarkan kisi-kisi debat. Paslon, kata Fahri, tinggal mengeluarkan jawaban hasil setingan tim sukses.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Rakyat ingin tahu calon saya ini punya argumen apa. Artinya, dia ditanya dan jawab secara pribadi, tidak boleh bergantung pada yang lain," kata Fahri.
 
Baca: Jokowi Singgung Prabowo Loloskan Eks Koruptor Nyaleg
 
Fahri menilai debat capres pertama seperti sandiwara. Pertanyaan diundi, tapi jawaban sudah diketahui dan tinggal dibaca paslon.
 
"Ini sama artinya sandiwara yang seolah diundi, padahal sudah ada bocoran, ngapain? Pertanyaan ada enam disegel, tapi jawaban tinggal cek di contekan kisi-kisi," kata Fahri.
 
Fahri berharap kejadian debat pertama tak terulang. Dia ingin melihat perdebatan yang lebih dinamis. "Cukup debat pertama kaya begini. Mohon debat kedua, tiga, empat, lima pola ini disetop. Kita ingin melihat kandidat dengan isi yang sebenarnya," ujar Fahri.
 

 

(FZN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif