Komisioner KPU Wahyu Setiawan. Foto: Antara/Reno Esnir
Komisioner KPU Wahyu Setiawan. Foto: Antara/Reno Esnir

KPU Sebut Persiapan Debat Mendekati 100%

Pemilu debat capres cawapres pilpres 2019
Media Indonesia • 16 Januari 2019 07:51
Jakarta: Debat pertama Pilpres 2019 berlangsung Kamis, 17 Januari 2019 pukul 19.00 WIB, di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan. Persiapan debat sudah mendekati 100%.
 
Komisioner KPU Wahyu Setiawan menyatakan KPU terus melakukan koordinasi dengan para pihak televisi penyelenggara debat pertama, Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin, Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga, dan pihak keamanan.
 
"Sudah beres, secara teknis dapat kami sampaikan bahwa persiapan debat pertama lancar. Tidak ada kendala yang berarti," ungkap Wahyu di Jakarta, Senin, 16 Januari 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Debat yang bakal dipandu moderator Ira Koesno dan Imam Priyono itu mengambil tempat di Birawa Assembly Hall, Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan.
 
Sebanyak total 500 orang dijadwalkan berada dalam tempat tersebut. Mereka terdiri atas masing-masing 100 pendukung pasangan nomor 01 dan 02 serta 300 undangan dari KPU.
 
Untuk keluar masuk ruangan, terdapat 10 pintu di bagian depan, samping, dan belakang ruangan. Selain itu, terdapat ruang transit untuk tamu VVIP di sisi kanan sebelum pintu masuk Birawa Assembly Hall.
 
Seperti diketahui, harga sewa fasilitas Hotel Bidakara sekitar Rp112 juta untuk minimal 300 undangan untuk Birawa Assembly Hall.
 
KPU juga berencana mengundang Presiden Ke-3 BJ Habibie, Presiden Ke-5 Megawati Soekarnoputri, dan Presiden Ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono. Para mantan wakil presiden seperti Try Sutrisno dan Hamzah Haz juga terdapat dalam daftar undangan.
 
"KPU berharap beliau-beliau sehat sehingga bisa hadiri undangan KPU. Pak Jusuf Kalla tentu saja kami undang juga, kan beliau wakil presiden," kata Wahyu.
 
KPU, masih kata Wahyu, juga mengundang tokoh dari berbagai latar belakang seperti yang akademisi budayawan, pengusaha, tokoh pemuda, serta tokoh mahasiswa.
 
Kemudian bagi pendukung kedua paslon yang tidak bisa memasuki tempat penyelenggaraan debat, KPU juga telah menyiapkan fasilitas untuk menonton bareng di luar gedung, tetapi masih berada di sekitar Hotel Bidakara.
 
Terkait dengan pengamanan, Polda Metro Jaya dilaporkan menyiapkan 2.000 personel guna pengawalan sejumlah titik lokasi dalam acara debat.
 
Baca: Jokowi Bakal Tampil Apa Adanya Saat Debat
 
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono mengatakan selain personel Polri, pengamanan debat capres turut melibatkan personel TNI.
 
"Untuk pengamanan debat capres dari Polda Metro bersama dengan TNI kita melakukan pengamanan sesuai debat capres yang pertama akan dilaksanakan di Bidakara," sebut Argo, Senin, 14 Januari 2019.
 
Sejauh ini, Polda Metro Jaya belum mengeluarkan arahan dan petunjuk pengalihan arus lalu lintas di kawasan Hotel Bidakara.
 
Namun, Argo menjamin lalu lintas akan berlangsung lancar dengan pengawalan dari pihak kepolisian.
 
Pihaknya juga mengingatkan dan mengimbau masyarakat serta pendukung pasangan calon untuk selalu menjaga ketertiban dan keamanan. Dengan kondisi tersebut, acara debat diharapkan bisa berlangsung lancar serta kondusif. (Ins/X-6)
 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif