Direktur Relawan TKN Jokowi-Ma'ruf, Maman Imanulhaq (tengah). Foto: (Dok. TKN).
Direktur Relawan TKN Jokowi-Ma'ruf, Maman Imanulhaq (tengah). Foto: (Dok. TKN).

Jokowi Dinilai Telah Melakukan Reforma Agraria

Pemilu reforma agraria
Arga sumantri • 05 Januari 2019 02:31
Jakarta: Presiden Joko Widodo dinilai telah melakukan reforma agraria. Hal ini bisa dibaca dari penataan aset dengan pemberian tanda bukti kepemilikan, atau sertifikasi hak atas tanah.

Jokowi juga dinilai telah melakukan penataan akses berupa sarana prasarana dalam penyediaan insfrastruktur. Penataan akses juga dilakukan lewat dukungan pasar, permodalan, teknologi, dan pendampingan. 

"Termasuk penerbitan Perpres 86 tahun 2018 tentang reforma agraria yang menjamin pemerataan struktur penguasaan, pemilikan, penggunaan, dan pemanfaatan tanah," kata Direktur Relawan Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin, Maman Imanulhaq dalam diskusi di Jakarta Selatan, Jumat, 4 Januari 2019. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Menurut Maman, komitmen Jokowi soal reforma agraria harus didukung oleh banyak pihak. Termasuk, para Akademisi, organisasi non pemerintah dan Civil Society Organization (CSO).  "Karena persoalan ini merupakan persoalan laten yang diwariskan dari pemerintahan satu kepada lainnya," ucap Maman. 

Selain dukungan, kata Maman, pemerintah juga membutuhkan masukan agar program seperti sertifikasi tanah, dan pemberian sertifikat kepada masyarakat bisa dilakukan lebih masif. Program itu juga harus bisa lebih berdaya guna bagi kedaulatan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. 

Politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu menyebut ada tiga tantangan berat yang dihadapi Jokowi ketika menjalankan kebijakan reforma agraria. Pertama yakni soal validasi data agar program ini tepat sasaran.

Tantangan selanjutnya yakni reformasi birokrasi agar capaian program bisa segera dirasakan masyarakat. Terakhir, koordinasi yang perlu ditingkatkan sehingga sertifikasi bisa ditindaklanjuti dengan pemberdayaan ekonomi dan sebagainya.

"Dukungan dari semua pihak sangat dibutuhkan untuk reforma agraria ini. Agar semua rakyat bisa memperoleh haknya dalam hal agraria ini," kata Maman.


(AZF)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi