Ketua KPU Arief Budiman. Foto: Medcom.id/Siti Yona Hukmana
Ketua KPU Arief Budiman. Foto: Medcom.id/Siti Yona Hukmana

Pemilih Luar Negeri Nyoblos dengan 3 Metode

Pemilu pilpres 2019 pemilu serentak 2019
Siti Yona Hukmana • 17 Februari 2019 11:32
Jakarta: KPU menyiapkan tiga metode untuk Warga Negara Indonesia (WNI) di luar negeri yang ingin menggunakan hak pilih di Pemilu 2019. Metode itu diharapkan memudahkan para WNI.
 
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman menyebutkan pemilih Luar Negeri (LN) dapat menggunakan hak pilihnya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang berada di KBRI, Kotak Suara Keliling (KSK) dan kotak pos.
 
"Kalau tinggal dekat kantor KBRI, bisa gunakan TPS. Kalau jauh dari kantor KBRI nanti ada Kotak Suara Keliling. Kemudian, kalau tersebar di banyak tempat dan jauh-jauh kita kirim dengan pos," ujar Arief di gudang logistik KPU, Komplek Zoodia, Kota Tangerang, Minggu, 17 Februari 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: KPU Pusat dan Daerah Silang Pendapat Soal Surat Suara
 
Arief mengatakan pencoblosan melalui kotak pos dilakukan melalui dua tahap. Pertama, Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) mengirimkan surat suara ke pemilih melalui pos. Setelah diterima pemilih dan dicoblos, surat suara dikirim kembali ke PPLN.
 
"Kita siapkan amplopnya, perangkonya kita siapkan. Pokoknya dia tinggal buka, pilih, lalu ditutup lagi dan kirimkan," jelas Arief.
 
Seperti diketahui, ada 2.058.191 pemilih berada di luar negeri yang tersebar di 130 negara. Rinciannya, pemilih laki-laki sebanyak 902.727 dan perempuan 1.155.464 jiwa. Kemudian, jumlah TPS ada 783, KSK ada 2.345, jumlah kotak pos ada 429.
 
Surat suara dikirim secara bertahap, hari ini dikirim ke Afrika dan Amerika Latin. Pengiriman kedua dilakukan pada 18 - 19 Februari ke Amerika dan Asia. Kemudian 20 Februari ke Timur Tengah. 21 - 22 Februari ke Pasific, 22 - 25 Februari ke Eropa dan sebagian Asia.
 

 

(FZN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif