Petugas KPPS TPS 123 saat menunjukkan surat suara tak tertandatangani dan yang ditandatangani. Medcom.id/Ahmad Mustaqim
Petugas KPPS TPS 123 saat menunjukkan surat suara tak tertandatangani dan yang ditandatangani. Medcom.id/Ahmad Mustaqim

Jumlah Suara dan Pemilih di TPS Amien Rais Berbeda

Pemilu kecurangan pemilu pileg pilpres 2019 pemilu serentak 2019
Ahmad Mustaqim • 17 April 2019 13:52
Yogyakarta: Terjadi permasalahan dalam penghitungan surat suara pemilihan presiden-wakil presiden di TPS 123 Desa Condongcatur, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, yang menjadi tempat Amien Rais mencoblos. Jumlah surat suara di dalam kotak ada sebanyak 241 lembar, sedangkan, jumlah presensi pemilih sebanyak 240.
 
Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan suara (KPPS) TPS 123 Chitmatul Huda memimpin untuk mencari penyebab dan solusi dari selisih jumlah itu. Ia menyebut kasus serupa pernah terjadi saat pemilihan kepala daerah.
 
"Ini ada kelebihan satu suara. (Peristiwa serupa) itu pernah terjadi betul di pilkada," kata Huda di TPS 123 pada Rabu, 17 April 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Satu surat suara tidak terdapat cap dari panitia KPPS dan tidak ditandatangani petugas KPPS. Surat suara itu tercoblos pada paslon nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Sholahuddin Uno.
 
KPPS belum mengganggap satu surat suara bermasalah itu gugur. Bila jumlah surat suara sesuai prosedur, termasuk ditandatangani KPPS dan distempel, satu surat suara itu dianggap 'siluman'.
 
"Kita jumlah ulang. Kalau kelebihan yang kita paling cacat adalah ini karena tidak ada tandatangan KPPS," kata dia.
 
Ada sejumlah dugaan penyebebkan adanya jumlah yang selisih itu. Salah satunya dugaan surat suara terselip. "Bisa (surat suara) ketlingsut (terselip) makanya kita hitung dulu, karena sisanya sudah pas," katanya.
 
Sebagai informasi, jumlah DPT di TPS 123 ini sebanyak 265. Sementara, pengguna hak pilih yang tercatat dipresensi sebanyak 240. Saat ini, proses penghitungan surat suara untuk presiden-wakil presiden masih berlangsung.
 


 

(SUR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif