Politik Kebohongan Cermin Lawan Kehabisan Kata-kata

24 Oktober 2018 10:10 WIB
pilpres 2019
Politik Kebohongan Cermin Lawan Kehabisan Kata-kata
Pakar Komunikasi Politik Lely Arrianie. (Foto: Mi/Mohammad Irfan)
Jakarta: Pakar Komunikasi Politik Lely Arrianie menilai politik kebohongan merupakan cermin lawan politik yang kehabisan kata-kata. Keengganan memberikan apresiasi terhadap kerja pemerintah melatarbelakangi hal tersebut.

"Jangan lupa, hasil survei 60 persen masyarakat memberikan apresiasi terhadap kinerja pemerintah. Kebetulan pemerintah itu petahana yang menjadi lawan tanding kelompok yang kehabisan kata-kata itu sehingga mereka menciptakan berbagai alibi," ujarnya dalam Editorial Media Indonesia, Rabu, 24 Oktober 2018.


Lely mengatakan berkat politik kebohongan, stabilitas negara bukan hanya akan goyah. Realitasnya, kondisi bangsa sudah tampak pecah karena akomodasi politik yang tidak matang dari para elite.

Menurut Lely politik kebohongan atau sesuatu yang sebenarnya tidak benar namun dikemas seolah merupakan kebenaran hanya akan membuat masyarakat tidak belajar politik.

"Mereka pesimis untuk masuk ke dalam kandang kekusaan. Karena itu mereka kehabisan kata-kata sehingga yang diproduksi itu berita kebohongan dan politik adu domba," kata dia.

Di sisi lain, politik kebohongan yang digaungkan lawan justru membuat beberapa pihak bersimpati. Bahkan rakyat yang semula mendukung lawan justru berbalik mendukung pemerintah lantaran muak disuguhi politik kebohongan yang dilakukan dengan segala cara.

Yang bisa dilakukan sekarang, kata Lely, narasi untuk menangkal politik kebohongan tidak bisa hanya dilakukan oleh elite atau mereka yang saat ini berkuasa. Pemimpin formal juga menjadi bagian dari komunikator politik yang diharapkan mampu menarik masyarakat agar tidak terjebak dalam kebohongan yang sengaja dibuat untuk kepentingan politik.

"Ketika elite menyatakan kebohongan, mereka (pemimpin formal) bisa menggunakan kekuasaannya untuk mengatakan, berhenti jangan seret rakyat pada kebohongan terus menerus. Pelan-pelan mereka juga akhirnya bisa didekati," pungkasnya.





(MEL)

metro tv
  • OpsiOpsi
  • kick andyKick Andy
  • economic challengesEconomic Challenges
  • 360360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id