Pemilu. Ilustrasi: Medcom.id/Mohammad Rizal.
Pemilu. Ilustrasi: Medcom.id/Mohammad Rizal.

Tingkat Partisipasi Pemungutan Suara Ulang Turun

Pemilu pemilu serentak 2019
Whisnu Mardiansyah • 28 April 2019 16:04
Jakarta: Tingkat partisipasi pemilih di pemungutan suara ulang (PSU) di sejumlah tempat pemungutan suara (TPS) di Jakarta menurun. Tingkat partisipasi hanya mencapai 60 persen saja.
 
"Masih dalam proses (pendataan). Hampir 60 persen, menurun (angka partisipasi)," Kata Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) DKI Jakarta Puadi kepada Medcom.id, Minggu, 28 April 2019.
 
Puadi mencontohkan pemilih pada PSU Sabtu, 27 April 2019, di TPS 08 Malaka Sari, Duren Sawit, Jakarta Timur, hanya 180 orang. Padahal, pada pencoblosan Rabu, 17 April 2019, pemilih yang berpartisipasi mencapai 296 orang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Mungkin karena faktor hari libur waktu sosialisasinya kurang bisa jadi karena memang ada di luar kota dan sebagainya," jelas Puadi.
 
Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menggelar PSU di 11 TPS di Jakarta. PSU digelar berdasarkan rekomendasi dari Bawaslu DKI Jakarta.Sebanyak 11 TPS itu tersebar di tiga kota administrasi DKI Jakarta. TPS ini menggelar PSU karena banyak pemilih luar daerah yang ikut mencoblos.
 
TPS 172 Kecamatan Pademangan, Kelurahan Pademangan Barat, Jakarta Utara, direkomendasikan PSU lantaran ada 37 orang luar Jakarta yang menggunakan hak pilih dengan KTP-el luar Jakarta. Mereka mencoblos tanpa menggunakan surat keterangan pindah memilih atau formulir A5.
 
Baca: Jokowi-Ma'ruf Tetap Unggul di Pencoblosan Ulang Sukoharjo
 
Kasus serupa juga ditemui di TPS 069 Kecamatan Kemayoran, Kelurahan Sumur Batu dan TPS 002 Kecamatan Sawah Besar, Kelurahan Pasar Baru, Jakarta Pusat. Di sana, masing-masing ada 7 dan 4 orang luar Jakarta yang memilih tanpa A5.
 
Selain itu, kasus pemilih luar Jakarta yang memilih tanpa formulir A5 juga ditemui di delapan TPS di Jakarta Timur. TPS itu meliputi TPS 02 Kelurahan Cipinang, Kecamatan Pulogadung; TPS 116 Kelurahan Rawamangun, Kecamatan Pulogadung; TPS 014 Kelurahan Cilangkap, Kecamatan Cipayung; TPS 034 Kelurahan Bambu Apus, Kecamatan Cipayung; TPS 101 Kelurahan Gedong, Kecamatan Pasar Rebo; serta TPS 018 Kelurahan Malakasari, Kecamatan Duren Sawit.
 
Sementara itu, TPS 163 Kelurahan Pulo Gebang, Kecamatan Cakung, direkomendasikan PSU lantaran ada pemilih diminta menandatangani 120 surat suara. Padahal, surat suara seharusnya ditandatangani oleh ketua kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS).

 

(OGI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:25
  • SUBUH04:35
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif