Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman. Foto: Medcom.id/Theofilius
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman. Foto: Medcom.id/Theofilius

KPU Lanjutkan Rapat Pleno Rekapitulasi Nasional

Pemilu kpu pilpres 2019
Theofilus Ifan Sucipto • 12 Mei 2019 07:00
Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan melanjutkan Pleno Terbuka Penetapan Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Pemilu 2019 hari ini, Minggu, 12 Mei 2019. Ada tiga provinsi yang bakal direkapitulasi.
 
"Yang sudah konfirmasi Provinsi Bengkulu, Kalimantan Selatan (Kalsel), dan Kalimantan Barat (Kalbar)," kata Ketua KPU Arief Budiman usai menutup Pleno Rekapitulasi Nasional di Gedung KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu 11 Mei 2019.
 
Baca Juga:Jokowi-Ma'ruf Unggul di Gorontalo dan Kalteng

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Seharusnya, kata dia, KPU sudah merekapitulasi penghitungan Provinsi Kalsel, Kalbar, dan Sulawesi Barat (Sulbar) pada Sabtu, 11 Mei 2019. Namun karena Provinsi Bengkulu tidak sempat direkapitulasi sesuai jadwal, maka rekapitulasi penghitungan dialihkan hari ini.
 
Arief mendapat informasi pesawat yang ditumpangi anggota KPU Bengkulu mengalami penundaan keberangkatan. Adapun perwakilan KPU Provinsi Sulbar, kata Arief, direncanakan datang Sabtu malam. Namun dia tidak bisa memastikan apakah rekapitulasi penghitungan Sulbar akan terlaksana.
 
Jika ketiga provinsi tersebut selesai dalam waktu cepat, Sulbar juga akan direkapitulasi hari ini. Arief mengatakan jika ada tiga provinsi, maka KPU menggelar satu panel untuk merekapitulasi penghitungan. Namun jika ada empat provinsi yang direkapitulasi, dia mengusulkan membuat dua panel untuk mengejar proses penghitungan agar bisa diselesaikan di hari yang sama.
 
Baca Juga:PDI Perjuangan dan NasDem Dulang Suara di Kalimantan
 
Pleno di Panel 1 akan digelar di Aula Utama Lantai 2 Gedung KPU. Sementara Pleno di Panel 2 digelar di tenda Pusat Informasi di halaman parkir gedung KPU.
 
Arief menyebut provinsi lain yang tengah menyiapkan dokumen adalah Jawa Timur (Jatim) dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Jika Sulbar tidak sempat direkapitulasi hari ini, maka rekapitulasi penghitungan akan digabung dengan Jatim dan DIY yang dijadwalkan pada Senin, 13 Mei 2019.
 
“Perkiraan kami tanggal 13 Mei banyak provinsi menyusul karena rekapitulasi provinsi tanggal 12 Mei sebagian besar sudah selesai,” imbuhnya.
 
Sejauh ini, KPU telah menetapkan rekapitulasi hasil penghitungan suara di lima provinsi yaitu Bali, Bangka Belitung, Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah, dan Gorontalo. Dengan demikian, masih ada 29 provinsi lagi yang harus direkap dan ditetapkan KPU sebelum 22 Mei 2019.
 
Seperti diketahui, calon terpilih pada Pemilu 2019 akan ditentukan berdasarkan hasil rekapitulasi penghitungan suara dari formulir C1 yang dilakukan secara manual dan berjenjang, mulai dari tingkat TPS, Kecamatan, Kabupaten/Kota, Provinsi, dan nasional. Hasil itu baru akan diumumkan KPU. Hasil itu baru akan diumumkan KPU selambat-lambatnya pada 22 Mei 2019.
 

(ADN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif