AJI: Tunjukkan Jurnalis Lebih Layak dari Prabowo
Ketum Partai Gerindra, Prabowo Subianto. Foto: Medcom.id/Whisnu Mardiansyah.
Jakarta: Ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Abdul Manan mengajak seluruh jurnalis tidak menggubris ucapan calon presiden Prabowo Subianto. Media diminta membuktikan bahwa jurnalis lebih layak dipercaya ketimbang Prabowo.
 
"Kita harus terima sebagai kritik. Jangan tersinggung. Media harus membuktikan kalau dirinya lebih layak dipercaya omongannya dari pada Prabowo," kata Abdul Manan kepada Medcom.id, Jakarta, Rabu, 5 Desember 2018.
 
Manan meminta pernyataan Prabowo tak diambil hati. Sebaliknya, ucapan tersebut harus dijadikan bahan kritik dan perbaikan.
 
"Sebaiknya kita tidak perlu bereaksi terhadap pernyataan dia karena itu bagian dari kebebasan berekspresi dia," kata Manan. 
 
Manan menuturkan, publik patut mengecam Prabowo bila dia menganjurkan melakukan kekerasan. Bila sebatas ucapan, menurutnya tak masalah.
 
"Menurut saya itu pernyataan masih taraf pendapat, bukan anjuran melakukan kekerasan, kalau seperti itu baru kita kecam," katanya.
 
Sebelumnya, Prabowo Subianto menuding pemberitaan di media sebagian besar memublikasikan berita bohong. Prabowo juga mengajak publik tak usah lagi menghormati jurnalis yang bekerja mewartakan berita.
 
"Pers ya terus terang saja banyak bohongnya dari benarnya. Setiap hari ada kira-kira lima sampai delapan koran yang datang ke tempat saya. Saya mau lihat bohong apalagi nih," kata Prabowo di Hotel Sahid, Jakarta Pusat, Rabu 5 Desember 2018.

Baca: Prabowo Sebut Jurnalis Antek Penghancur NKRI


Mantan Komandan Jenderal Kopassus itu menuding jurnalis dan media bagian dari antek-antek yang ingin menghancurkan demokrasi di Indonesia.
 
"Boleh kau cetak ke sini dan ke sana, saya tidak mengakui Anda sebagai jurnalis. Enggak usah saya sarankan kalian hormat sama mereka lagi, mereka hanya anteknya orang yang ingin menghancurkan Republik Indonesia," tegas Prabowo.



(FZN)

metro tv
  • OpsiOpsi
  • kick andyKick Andy
  • economic challengesEconomic Challenges
  • 360360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id