Potensi Masalah Pemilu 2019 Diinventarisasi
Menko Polhukam Wiranto/Medcom.id/Dheri Agriesta
Jakarta:Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto mengumpulkan kementerian dan lembaga terkait membahas potensi masalah pada Pemilu 2019. Pemerintah mencari strategi agar masalah tersebut tak mengganggu tahapan pemilu.

"Mulai kita inventarisasi dari sekarang hambatan-hambatan apa, ancaman-ancaman apa, tentunya (akan) kita netralisasi," tegas Wiranto usai rapat di Kemenko Polhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu, 1 Agustus 2018.


Wiranto menegaskan pemilihan presiden dan pemilihan legislatif memengaruhi kehormatan bangsa. Pemerintah tak ingin ada pihak tak bertanggung jawab mengganggu kelancaran pesta demokrasi tersebut.

Rapat dihadiri perwakilan dari Komisi Pemilihan Umum, Badan Pengawas Pemilu, DKPP, BIN, Badan Siber dan Sandi Negara, Polri, TNI, dan Kementerian Hukum dan HAM. Wiranto meminta laporan kementerian dan lembaga mengenai potensi masalah yang akan dihadapi.

"Kita juga minta BIN untuk menjelaskan ancaman-ancaman apa saja yang akan dihadapi dalam menghadapi pemilu," jelas Wiranto.

Pemerintah akan membahas seluruh potensi masalah secara eksternal dan internal. Masalah administrasi, logistik, personel, prosedur, yang merupakan masalah internal bakal disisir.

"Masih ada di sana sini, nanti kita perbaiki," jelas Wiranto.

Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, Ketua KPU Arief Budiman, dan perwakilan dari kementerian dan lembaga terkait menghadiri rapat yang berlangsung sekitar dua jam itu.



(OJE)

metro tv
  • OpsiOpsi
  • kick andyKick Andy
  • economic challengesEconomic Challenges
  • 360360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id