Direktur Program Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf, Aria Bima. Medcom.id/ Ilham P
Direktur Program Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf, Aria Bima. Medcom.id/ Ilham P

Kursi Undangan Debat Pilpres Dikhawatirkan Kosong

Pemilu pilpres 2019
Ilham Pratama Putra • 20 Maret 2019 03:21
Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) memutuskan tidak lagi mengundang jajaran menteri Kabinet Kerja di debat capres mendatang. Hal ini sudah disepakati semua pihak.
 
Atas keputusan itu, Direktur Program Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf, Aria Bima khawatir, kursi di lokasi debat selanjutnya akan banyak yang kosong.
 
"Keinginannya begitu, tapi jangan sampe bangku kosong. Alasannya beberapa menteri partisan. Silakanlah, kita enggak akan atur-atur KPU," kata Aria di Gedung KPU, Jakarta Pusat, Selasa 19 Maret 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sejatinya dia tidak mempersoalkan aturan ini. Namun dia menilai usulan yang datang dari Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi ini sesuatu yang tidak terlalu penting.
 
Pada debat pertama hingga debat ketiga KPU selalu mengundang jajaran menteri Kabinet Kerja. Namun menteri yang diundang terbatas pada menteri yang menyangkut tema debat.
 
Undangan kepada menteri ini sempat diprotes kubu Prabowo-Sandi. BPN ingin pihak-pihak yang diundang KPU bersikap netral.
 
"Pertanyaan kita di sini tadi misalnya kita usulkan apakah masih dipandang perlu mengundang menteri-menteri?" kata Wakil Ketua BPN, Priyo Budi Santoso dalam rapat evaluasi debat kedua di Gedung KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta, Rabu, 20 Februari 2019.
 
BPN meminta KPU memastikan tokoh-tokoh yang diundang merupakan pihak-pihak nonpartisan, seperti akademisi, kalangan LSM, serta kalangan civitas akademika.
 
"Yaitu pihak-pihak yang kita yakini tidak terkait untuk yang kecenderungan bisa diterjemahkan memihak kepada kami maupun kecenderungan yang bisa diterjemahkan memihak 01," tambah Priyo.
 

(SCI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif