Mantan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Sigit Pamungkas (kedua kiri). Foto: Medcom.id/Dian Ihsan Siregar.
Mantan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Sigit Pamungkas (kedua kiri). Foto: Medcom.id/Dian Ihsan Siregar.

Penyelenggara Pemilu Diminta Tingkatkan Kepercayaan Masyarakat

Pemilu pemilu serentak 2019
Dian Ihsan Siregar • 09 Januari 2019 02:47
Jakarta: Mantan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Sigit Pamungkas memandang kinerja penyelenggara pemilu sedang diuji pada saat ini. Khususnya, meningkatkan kepercayaan masyarakat dalam ajang pemilu pada April mendatang.
 
"Ketika kepercayaan publik tidak tinggi, maka berbagai hal bisa terjadi. Keseluruhan proses dan hasil pemilu bisa kehilangan legitimasi, meskipun proses dan hasil pemilu itu sebenarnya tidak ada yang bermasalah," ungkap Sigit ditemui dalam acara diskusi dengan tema 'Membangun Kepercayaan dalam Pemilu 2019' di Gedung Bawaslu, Jakarta, Selasa, 8 Januari 2019.
 
Bayangkan, kata Sigit, tingkat kepercayaan publik terhadap penyelenggara pemilu sempat membaik di beberapa lembaga survei pada 2017. Angkanya bisa mencapai 80 persen.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tapi, tingkat kepercayaan itu memudar pada tahun lalu yang dilakukan beberapa lembaga survei. Sigit meminta keadaan itu harus menjadi perhatian penyelenggara pemilu agar tidak semakin merosot.
 
"Tapi kalau kita merujuk survey LSI dan ICW, Desember 2018, kepercayaan publik di bawah 70 persen, Bawaslu 69 (persen), KPU 68 (persen), turun 10 persen. Ini jadi peringatan bagi kita semua untuk introspeksi," terang dia.
 
Baca juga: KPU Diminta Tegas Mengambil Keputusan
 
Dengan adanya hasil survei yang turun, lanjut dia, maka KPU dan Bawaslu harus bebenah. Ketika makin menurun, maka akan terjadi potensi konflik.
 
"Itu yang dikhawatirkan. Ketidakpercayaan terhadap hasil pemilu lebih jauh juga bisa menghasilkan potensi konflik, baik antara penyelenggara pemilu maupun pemilih atau kontestan pemilu," tutup dia.
 

(HUS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif