Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon (Foto:Medcom.id)
Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon (Foto:Medcom.id)

Fadli Zon Usul Pembentukan Pansus Pemilu 2019

Pemilu berita dpr
Anggi Tondi Martaon • 24 April 2019 15:55
Jakarta: Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon mengusulkan agar dibentuk Panitia Khusus (Pansus) Pemilu untuk menginvestigasi dugaan kecurangan Pemilu 2019.
 
"Saya akan mengusulkan (dibentuk pansus), meski ini akhir periode. Kalau misalnya teman-teman itu menyetujui akan bagus untuk evaluasi ke depan," kata Fadli Zon, di ruangan kerjanya, di Lantai 3 Gedung Nusantara III Komplek Parlemen, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Rabu, 24 April 2019.
 
Dikatakan politikus Gerindra itu, kecurangan yang terjadi cukup masif. Tidak hanya pasca pemungutan suara, kecurangan bahkan sudah terlihat sebelum pemilu dimulai.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ini salah satu opsi (pilihan) yang bisa dilakukan. Ya, kalau dari paslon nanti terserah mau disikapi seperti apa kecurangan yang masif," ucap dia.
 
Jika dibentuk Pansus Pemilu, kata Fadli Zon, dapat melihat secara mendalam mengenai pelaksanaan Pemilu yang telah dilakukan. Hasilnya dapat dijadikan bahan evaluasi untuk memperbaiki penyelenggaraan pemilu berikutnya.
 
Namun, usul pembentukan pansus ini belum disampaikan kepada fraksi di DPR. Sebab, lembaga legislatif masih dalam masa reses. "Mereka belum banyak yang kembali ke Jakarta," ujar dia.
 
Dukung Wacana Pembentukan TPF Pemilu
 
Selain itu, Fadli Zon juga mengomentari wacana pembentukan Tim Pencari Fakta (TPF) Pemilu 2019. Usulan itu disampaikan oleh berbagai kelompok menyikapi polemik Pilpres 2019.
 
"Saya kira perlu. Ini bukan persoalan parpol (partai politik). Bukan persoalan pemerintah. Ini persoalan seluruh rakyat Indonesia," kata dia.
 
Fadli Zon menyebutkan, pembentukan TPF maupun pansus adalah hal yang baik agar bisa menjadi bahan evaluasi penyelenggaraan pemilu ke depan.
 
"Saya kira itu perlu agar kita sebagai negara yang sudah memilih sistem demokrasi tidak lagi bongkar pasang," ujarnya.
 

(ROS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif