Petahana Disarankan Jaga Suara Petani
Ilustrasi pemilu. Foto: Medcom.id/Mohammad Rizal
Jakarta: Suara petani di Pemilu 2019 cukup signifikan. Berdasarkan data sensus petani yang dilakukan Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2013, jumlah petani mencapai 26 juta orang. Tanpa program yang tepat, elektabilitas Joko Widodo sebagai petahana bisa stagnan di kalangan petani.

"Jangan sampai data beras yang sempat keliru antara Kementerian Pertanian dan BPS (Badan Pusat Statistik) terulang. Itu bisa memengaruhi elektabilitas pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin," kata Pengamat Politik Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Pangi Syarwi Chaniago, seperti dilansir Antara, Sabtu, 3 November 2018.


Ia menyarankan pemerintah mulai berbenah memperbarui data pangan. Kinerja Kementerian Pertanian, kata dia, harus ditingkatkan. "Jika dibiarkan bisa menggerus suara petani untuk Jokowi. Karena, mereka akan bingung dengan data pertanian yang tersaji," katanya.

Pengamat politik Siti Zuhro berpendapat bahwa publik sangat sensitif dengan data. "Jika info tak akurat, masyarakat akan kecewa," kata dia.

Menurut Siti, data-data pemerintah yang cenderung manipulatif pasti akan dipertanyakan. "Kalau data salah tapi tidak diperbaiki (oleh presiden), maka akan muncul perdebatan. Ujung-ujungnya akan menurunkan tingkat kepercayaan publik ke pemerintah," kata Siti. 

Menurutnya, masyarakat saat ini bisa mempertanyakan data-data akurat dan detail melalui Komisi Informasi. "Jadi, tidak ada lagi alasan bagi pemerintah memberikan data yang tak benar," kata dia.

Data beras yang dikeluarkan Kementan dan BPS sempat bermasalah. Dari metode baru yang dipakai BPS tercatat surplus produksi beras pada 2018 sebanyak 2,8 juta ton. Jauh di bawah data atau perhitungan Kementan. 

Berdasarkan laman resmi Kementan, surplus beras tahun ini sebesar 13,03 juta ton. Perhitungan tersebut berasal dari produksi beras 2018 sebesar 80 juta ton atau 46,5 juta ton setara beras. Sementara total konsumsi beras nasional tercatat 33,47 juta ton.





(UWA)

metro tv
  • OpsiOpsi
  • kick andyKick Andy
  • economic challengesEconomic Challenges
  • 360360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id