Pakta Integritas Kampanye Damai Hanya di Atas Kertas
Pengamat politik Ray Rangkuti. (Foto: MI/Ramdani)
Jakarta: Pengamat Politik Ray Rangkurti menilai seruan kampanye damai dan pemilu berintegritas cenderung sulit terealisasi. Faktanya, kesepakatan untuk membuat pemilu lebih baik dari sebelumnya hanya selesai di atas kertas bernama pakta integritas.

Menurut Ray, partai politik termasuk calon yang berkontestasi boleh jadi telah menandatangani berbagai perjanjian terkait mewujudkan pemilu berintegritas. Namun itu bukan jaminan bahwa tahapan prosesnya bisa berjalan sesuai dengan apa yang telah tertulis. 


"Sekarang penandatanganan pakta-pakta itu justru jadi bagian kampanye mereka. Bukan lagi menjadi dasar dari standar mereka untuk melakukan sesuatu," ujarnya melalui sambungan telepon dalam Editorial Media Indonesia, Selasa, 6 November 2018.

Ray menilai kampanye yang dilakukan elite semakin menunjukkan wujud asli dari elite itu sendiri. Hal ini terjadi tak lain karena mereka mulai kehabisan bahan diskusi positif yang hendak dikedepankan. Misalnya terkait rekam jejak atau prestasi.

Karena itu, kata Ray, yang dipertontonkan ke publik saat ini bukan lagi adu gagasan atau menunjukkan keberhasilan, melainkan serangan. Sebisa mungkin pihak yang berseberangan mencari celah untuk menyerang.

"Dan ini sudah muncul sejak 2014 lalu," kata dia.

Ray menambahkan mewujudkan pemilu bersih dan berintegritas tidak serta merta datang sendiri. Masyarakat tetap harus aktif menuntut ke para elite untuk patuh pada perjanjian yang telah dibuat.

Semandiri apa pun masyarakat, khususnya mereka yang memiliki hak suara, narasi yang keluar dari elite akan diikuti. Termasuk jika itu adalah narasi negatif.

"Bagaimana pun mereka (elite) ini produsen narasinya, masyarakat hanya jadi objek. Memang tidak semua kasus tapi mayoritas narasi ada di elite politik," jelas dia.





(MEL)

metro tv
  • OpsiOpsi
  • kick andyKick Andy
  • economic challengesEconomic Challenges
  • 360360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id