Suasana Rumah Sakit Elisabeth Semarang. (Medcom.id/Budi Arista R)
Suasana Rumah Sakit Elisabeth Semarang. (Medcom.id/Budi Arista R)

Caleg Stres Mendatangi Psikolog Sebelum Pencoblosan

Pemilu pemilu serentak 2019
Budi Arista Romadhoni • 25 April 2019 10:53
Semarang: Psikolog RS Santo ELisabeth Semarang, Prabowatie Tjondronegoro, mengungkap ada dua calon legislatif (caleg) yang pernah menjalani konsultasi. Keduanya datang sebelum gelaran pemilu dimulai.
 
"Mereka datang bersama istrinya tepat sebelum coblosan pemilu kemarin. Keluhannya kedua mulai mengarah pada fisik mereka. Kalau setelah pemilu ini belum ada," ungkap Prabowatie, di Semarang, Kamis 25 April 2019.
 
Probowatie menjelaskan gangguan yang dialami kedua caleg dimulai dari psikis. Kemudian menjalar ke kondisi tubuh, seperti sulit tidur, gelisah, dan jantung berdebar lebih kencang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami tidak bisa menyebutkan identitas namanya, tetapi mereka ketika datang mengaku mau coba alih profesi menjadi calon legislatif. Saat mau proses coblosan, ada rasa khawatir kalah yang menghantui mereka. Saya rasa ini jadi dampak yang ditimbulkannya jika seseorang tidak siap menerima kekalahan," jelasnnya.
 
Ia mengimbau masyarakat yang memutuskan maju sebagai caleg harus siap menang maupun kalah. Setiap caleg harus legawa sehingga tidak mengalami gangguan mental ketika kalah.
 
"Orang yang bertanding itu harus siap kalah. Tapi itu juga tergantung motivasi mereka masing-masing. Apakah nyaleg buat kepentingan rakyat atau semata untuk meraup uang," terangnya.
 
Ia memprediksi kontestasi Pemilu 2019 yang bersamaan dengan pilpres justru menimbulkan tekanan batin para caleg. Sebab, para caleg tidak ada kesempatan menyampaikan visi misi.
 
"Yang jelas potensi para caleg mengalami stres itu jadi makin besar. Apalagi yang cuma mengejar uang saja, dia pasti jor-joran. Nah kalau kalah hartanya terkuras habis. Ujung-ujungnya dia bisa mengalami gangguan psikis berat," bebernya.
 

(LDS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:25
  • SUBUH04:35
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif