Politikus PKB sekaligus Wakil Direktur Saksi TKN Indonesia Kerja Lukman Edy. Foto: Medcom.id/M Sholahadhin Azhar
Politikus PKB sekaligus Wakil Direktur Saksi TKN Indonesia Kerja Lukman Edy. Foto: Medcom.id/M Sholahadhin Azhar

Politikus PKB Sebut Hoaks Meruntuhkan Integritas Bangsa

Pemilu pilpres 2019 pemilu serentak 2019 hoax
M Sholahadhin Azhar • 16 April 2019 07:45
Jakarta: Politikus PKB Lukman Edy menyoal hoaks yang seringkali dianggap remeh, padahal dampaknya sangat besar. Dampak dari berita bohong itu juga dinilai sangat luas, tak hanya pada proses pemilihan umum saja.
 
"Untuk kasus hoaks jadi ancaman terbesar, bukan hanya bagi pemilu kita tapi integritas kita sebagai bangsa, karena hoaks enggak selesai setelah pemilu," kata Lukman di Jakarta, Senin, 15 April 2019.
 
Pasca pemilu, kata Lukman, sirkulasi penyebaran hoaks akan terus berlanjut. Menurut analisanya, berita hoaks yang sengaja didesain organisasi maupun perorangan sarat dengan kepentingan ideologis.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Secara konstruksi, Lukman melihat hoaks punya target periodik, yakni jangka pendek, menengah dan panjang. "Jangka panjangnya ya membubarkan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)," kata dia.
 
Ancaman tersebut dikatakan Lukman sangat nyata bagi Indonesia. Mengingat Pancasila sebagai ideologi bangsa yang dipertaruhkan. Ia berpesan agar semua pihak menjaga hal tersebut.
 
Tak terkecuali, kata dia, siapapun yang akan terpilih pada pilpres nanti. "Siapapun yang nanti jadi presidennya, ideologisasi secara internal harus secara masif kita laksanakan," ujar dia.
 

(MBM)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif