Barisan Gus dan Santri Bersatu (Baguss Bersatu) mendeklarasikan dukungan buat Jokowi-Ma'ruf - Medcom.id/M Sholahadhin Azhar.
Barisan Gus dan Santri Bersatu (Baguss Bersatu) mendeklarasikan dukungan buat Jokowi-Ma'ruf - Medcom.id/M Sholahadhin Azhar.

Baguss Bersatu Dukung Jokowi-Ma'ruf

Pemilu pilpres 2019 Jokowi-Ma`ruf
M Sholahadhin Azhar • 08 Januari 2019 08:18
Jakarta: Barisan Gus dan Santri Bersatu (Baguss Bersatu) mendeklarasikan dukungan pada pasangan calon nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin. Ketua Presidium Baguss Bersatu, Ipang Wahid, menilai paslon 01 paling memihak kepentingan ulama dan umat.
 
"Kami ingin melanjutkan perjuangan ini ke tingkat nasional, makanya kita mendukung Pak Jokowi dan Pak Kiai Ma'ruf Amin," ujar Gus Ipang di kediaman Ma'ruf Amin, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa, 8 Januari 2019.
 
Baguss Bersatu, kata dia, merupakan jaringan para anak kiai dan santri. Organisasi ini mencakup peserta dari Pondok Pesantren Tebu Ireng, Jawa Timur, pimpinan Gus Solah, hingga ke pesantren-pesantren lain di Indonesia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Gus Ipang menyebut, pihaknya akan merangkul santri dan alumni ponpes di seluruh Indonesia. "Sekarang (cakupakannya) sudah di DKI, Insyaallah minggu depan ke Jawa Tengah, ke Jawa Barat dan Banten," beber dia.
 
(Baca juga:Alasan Santri Indonesia Dukung Jokowi-Ma'ruf)
 
Ma'ruf mengapresiasi dukungan itu. Dia menilai merapatnya barisan cendekiawan Islam itu punya dampak langsung. Terutama dalam menyosialisasikan capaian pemerintah selama ini.
 
Menurut Ma'ruf, organisasi ini mewakili umat muslim di Indonesia. Terutama mereka yang sejak dini belajar di puluhan ribu pondok pesantren di Tanah Air.
 
"Ini adalah merupakan pertanda semakin besarnya elektabilitas dukungan kepada kami, Pak Jokowi dengan saya di Pilpres 2019," kata Ma'ruf.
 
Sebelum menerima dukungan, Ma'ruf dan Baguss Bersatu mengadakan salat subuh bersama dan pengajian. Hal ini jamak dilakukan ketika Ma'ruf menerima dukungan dari kiai dan ulama.
 


 

(REN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi