Ilustrasi: Medcom.id
Ilustrasi: Medcom.id

Durasi Kampanye Pilkada di Media Diperpanjang

Pemilu pilkada serentak Pemilu Serentak 2020
Cindy • 16 Juni 2020 18:14
Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) berencana memperpanjang durasi kampanye pasangan calon pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020. Calon kepala daerah dapat berkampanye lewat media elektronik, media daring, hingga media sosial.
 
"Jadi media-media itu yang akan kami tambah durasinya, frekuensinya, itu sedang dalam pembicaraan," kata ketua KPU Arief Budiman dalam diskusi daring, Selasa, 16 juni 2020.
 
Menurut dia, rencana perpanjangan itu akan diatur dalam rancangan peraturan KPU (PKPU) atau petunjuk teknis terkait kampanye Pilkada 2020 saat masa pandemi virus korona (covid-19). Upaya ini guna menekan potensi penyebaran virus dari kampanye tatap muka dan rapat umum.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Meski begitu, kampanye tatap muka dan rapat umum hanya dibatasi, bukan ditiadakan. Pasalnya, kedua metode kampanye ini masih tertuang dalam Undang-Undang (UU) Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada.
 
"Kalau KPU melarang hal tersebut kalau disengketakan ya bisa kalah," ujar Arief.
 
Baca: 3 Kunci Menyukseskan Penyelenggaraan Pilkada 2020
 
Arif mengimbau calon kepala daerah tetap menerapkan protokol kesehatan selama menggunakan dua metode kampanye tersebut. Dia mencontohkan membatasi peserta pertemuan hanya 50 persen dari kapasitas normal.
 
KPU sejatinya menjadwalkan masa kampanye calon kepala daerah pilkada serentak mulai pada Sabtu, 26 September, hingga Sabtu, 5 Desember 2020. Pemungutan suara digelar di 270 wilayah di Indonesia pada Rabu, 9 Desember 2020.
 

(OGI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif