Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Susanto--Medcom.id/Ilham Pratama Putra
Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Susanto--Medcom.id/Ilham Pratama Putra

KPAI Klaim Eksploitasi Anak di Pemilu 2019 Turun

Pemilu pilpres 2019 pemilu serentak 2019
Ilham Pratama Putra • 17 Maret 2019 12:16
Jakarta: Jumlah ekploitasi anak dalam Pemilhan Umum (pemilu) 2019 mengalami penurunan. Dia menargetkan pemilu 2019 lebih baik ramah pada anak-anak.
 
"Dibanding 2014 relatif turun ya laporan yang masuk di kita. Tapi kita tak hanya melihat sisi kuantitasnya, tapi dari sisi kompleksitas kasusnya," kata Ket Komua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Susanto di Bawaslu, Jakarta Pusat, Minggu 17 Maret 2019.
 
Dia mengatakan menyelamatkan anak-anak dari kampanye merupakan tantangan besar KPAI. Untuk itu dia bersama pihaknya menggandeng Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) untuk mewujudkan kampanye pemilu yang ramah anak.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Maka kita harapkan di tahun 2019 ini memang harus lebih ramah anak. Visi misi capres, cawapres, caleg memiliki kebijakan yang pro anak, miliki responsifitas pada isu anak," kata Susanto.
 
Dalam hal keterlibatan anak, sejauh ini KPAI mencatat masih ada anak-anak yang dilibatkan untuk mengajak untuk memilih dan menyebarkan material kampanye. Menurutnya, hal itu bisa berdampak pada psikologis anak.
 
"Contoh saja anak terlibat money politik, disini tentu dampak dalam proses pembentukan karakternya, dampak pribadi anak dan dampak yang lain," ujarnya.
 
Dia juga mengingatkan UU 35 tahun 2014 telah menyatakan bahwa anak berhak mendapatkan perlindungan dari penyalahgunaan anak dalam kegiatan politik. Dia berharap pelaku politik tidak melanggar undang-undang tersebut.
 
"23 juli 2018 kita sudah mengundang pimpinan-pimpinan partai politik untuk menanda tangani komitmen bersama. Bulan november kita sudah mengundang timses, ini semua demi 83 juta anak-anak kita di Indonesia," pungkasnya.
 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif