Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya
Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya

Parpol Disarankan Tegas pada Segmen Tertentu

Pemilu pemilu serentak 2019
17 Januari 2019 15:29
Jakarta: Partai politik disarankan tegas pada segmen tertentu. Sikap tegas itu dinilai akan berdampak positif pada elektabilitas partai karena dirasakan langsung oleh masyarakat.
 
Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya mengatakan, ideologi dan segmen pemilih yang jelas akan berimplikasi terhadap sikap politik suatu partai. Sehingga partai tanpa segmen yang jelas kemungkinan sikap politiknya tak akan kongkret.
 
"Menurut saya tradisi partai harus seperti itu. Bagaimana mereka mengambil kebijakan dan aliran yang jelas, bukan menjadi catch all party, menjadikan dirinya ingin mengambil semua segmen," kata Yunarto, Kamis, 17 Januari 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia mencontohkan sikap Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang jelas mengambil segmen anak muda. Partai yang dipimpin Grace Natalie itu juga memiliki sikap tegas, seperti menolak Perda Syariah dan Poligami.
 
Baca: Survei: Elektabilitas NasDem Masuk 5 Besar
 
Walaupun begitu, Yunarto mengungkapkan, sikap tegas partai ini juga akan berdampak pada terbatasnya segmen pemilih. Sehingga langkah yang diambil PSI kemungkinan akan mempersulit partai nomor urut 11 itu untuk dapat dukungan dari pemilih lama.
 
"Tapi sikap politik jangka pendek ini efektif untuk mendapatkan suara kelompok moderat, pluralisme dan minoritas. Saya harap partai politik berani mengambil sikap seperti itu," jelasnya.
 
Contoh lain yang memiliki sikap tegas adalah PKS. Yunarto mengatakan, PKS tegas mendukung adanya Perda Syariah. Tentu mereka yang pro mendukung langkah tersebut.
 
"Jangan sampai semua partai menjadi catch all party tadi. Sehingga Kita akan kesulitan membedakan partai satu dengan yang lain dilihat dari sisi aliran dan ideologi, " tutupnya.
 
Seperti diketahui, berdasarkan Survei Charta Politika, PSI mencapai elektabilitas 1,5 persen. Posisi ini jauh lebih tinggi dibandingkan Hanura, Partai Berkarya dan Partai Bulan Bintang yang masih berada di bawah 1 persen.
 
Peningkatan elektabilitas PSI meningkat dalam dua bulan terakhir. Dimana pada Oktober, elektabilitas mereka baru 0,9 persen.
 

 

(FZN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif