Wakil Ketua Dewan Syuro PKS Hidayat Nur Wahid dan Ketum PAN Zulkfili Hasan. ANT/M Adimaja.
Wakil Ketua Dewan Syuro PKS Hidayat Nur Wahid dan Ketum PAN Zulkfili Hasan. ANT/M Adimaja.

PKS: Tak Ada Aturan Harus Menyumbang Dana Kampanye

Pemilu pilpres 2019 Prabowo-Sandi
Whisnu Mardiansyah • 02 Januari 2019 14:31
Jakarta: Sumbangan dana kampanye pasangan capres-cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno tercatat Rp54 miliar. Dari partai pengusung, hanya Gerindra yang tercatat menyumbangkan dana kampanye.
 
Wakil Ketua Dewan Syuro PKS Hidayat Nur Wahid menegaskan sumbangan dana kampanye tak wajib. Sumbangan pun tak harus uang.
 
"Aturan itu enggak ada ya. Jadi kita ikuti aturan aja. Enggak ada aturan yang menyebutkan partai harus menyetorkan dana kampanye tertentu," tegas Hidayat di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu, 2 Januari 2018.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Demokrat Ogah Memikirkan Dana Kampanye Prabowo-Sandi
 
Semestinya, kata Hidayat, Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi paham dukungan parpol pengusung lebih berharga ketimbang sumbangan dana kampanye. Toh, partai pengusung rela memberikan dukungan agar Prabowo bisa maju di Pilpres 2019.
 
"Kami mencalonkan mereka sebagai capres dan cawapres. Kalau tanpa didukung PKS, PAN, dan Partai Demokrat, Gerindra bisa mencalonkan sendiri?" kata Hidayat.
 
Hidayat menilai BPN tak perlu menagih kontribusi sumbangan dana itu. Partai pengusung telah mengeluarkan anggaran yang tak sedikit untuk alat peraga kampanye (APK).
 
"Itu semua kalau dihargai berapa? Jadi saya kira permasalahan tidak dipahami sebagai sekadar dana dalam rangka pemenangan adalah dana cash," kata dia.
 
Baca: Partai Mitra Gerindra Tak Menyumbang Dana Kampanye Pilpres
 
Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi melaporkan hasil penerimaan dana kampanye selama empat bulan September-Desember 2018 sebesar Rp54 miliar. Dari laporan tersebut tercatat baru Partai Gerindra yang turut menyumbang dari empat partai koalisi pengusung Prabowo-Sandi.
 
Dari laporan tersebut, Gerindra tercatat menyumbang dana sebesar Rp1,3 miliar. Setara dengan 2,6 persen dari total penerimaan dana kampanye Rp54 miliar.Sementara itu, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Demokrat tidak tercatat memberikan sumbangan dana kampanye.
 

(DRI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif