Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto: Medcom.id/Kautsar Widya Prabowo.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto: Medcom.id/Kautsar Widya Prabowo.

Anies Siap Bila Dipanggil Lagi

Pemilu pilpres 2019
Nur Azizah • 07 Januari 2019 19:20
Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku siap dipanggil kembali Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bogor. Dia baru saja memenuhi panggilan Bawaslu Kabupaten Bogor terkait salam dua jari di Konferensi Nasional Partai Gerindra. 

"Mereka tanya apa saya bersedia apabila dikemudian hari dibutuhkan keterangan. (Saya) sampaikan tentu bersedia," kata Anies di Gedung Bawaslu RI, Jakarta Pusat, Senin 7 Januari 2018

Anies diberondong 27 pertanyaan terkait kehadirannya di konferensi tersebut. Meski dicecar banyak pertanyaan, Anies santai.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



"Kita ngobrol saja tidak seperti sebuah interogasi. Lebih ngobrol dan banyak cerita-cerita lucu juga di sambil pemeriksaan tadi," ungkap dia. Dalam pemeriksaan tadi siang, Anies mengklarifikasi ihwal pidato dan salam dua jari yang dia lakukan pada Senin 17 Desember 2018. Menurut dia, apa yang dia lakukannya lumrah dilakukan para gubernur lainnya. 

Toh, kata Anies, dia datang sebagai undangan. Dia pun sudah meminta izin pada Kementerian Dalam Negeri. 

Baca: Bawaslu Cecar Anies dengan 27 Pertanyaan

Lantaran pidato dan salam dua jari, Anies dilaporkan Garda Nasional untuk Rakyat (GNR). Juru Bicara GNR Agung Wibowo Hadi menilai Anies melanggar Pasal 281 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu. 

Pasal 281 Ayat 1 UU PemiIu menyatakan kampanye pemilu yang mengikutsertakan presiden, wakil presiden, gubenur, wakil gubernur, bupati, wakil bupati, wali kota, dan wakil wali kota harus memenuhi beberapa ketentuan. Pertama, mereka tidak boleh menggunakan fasilitas dalam jabatannya, kecuali fasilitas pengamanan bagi pejabat negara sebagaimana diatur dalam ketentuan peraturan perundang-undangan. 

Kedua, mereka menjalani cuti di luar tanggungan negara. Ketiga, cuti dan jadwal cuti dilaksanakan dengan memerhatikan keberlangsungan tugas penyelenggaraan negara dan penyelenggaraan pemerintahan daerah.  





(OGI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi