Amien Pernah Tulis Doktrin Muhammadiyah Tak Berpolitik

Arga sumantri 22 November 2018 16:36 WIB
pilpres 2019
Amien Pernah Tulis Doktrin Muhammadiyah Tak Berpolitik
Politikus PAN Amien Rais - Medcom.id/Sunnaholomi Halakrispen.
Jakarta: Sekretaris Umum Muhammadiyah Abdul Mu'ti mengungkap Amien Rais pernah menulis lima doktrin Muhammadiyah. Salah satu poinnya adalah Muhammadiyah tidak berpolitik praktis.

"Beliau pula yang mengatakan Muhammadiyah tidak berpolitik kepartaian dan kekuasaan (low politic), tetapi politik adiluhung (high politic)," kata Abdul Mu'ti saat dihubungi wartawan, Kamis, 22 November 2018.


Makanya, Mu'ti menegaskan, Muhammadiyah akan tetap netral di ranah politik. Muhammadiyah juga akan dijadikan sebagai rumah besar bagi semua anggota yang berbeda-beda partai dan afiliasi politiknya.

"Dalam sejarahnya, Muhammadiyah tidak pernah mengalami tekanan dan tidak bisa ditekan. Kepemimpinan Muhammadiyah bersifat kolektif kolegial di mana semua keputusan diputuskan musyawarah," beber Mu'ti. 

Namun, Mu'ti mengaku, menghormati Amien Rais sebagai tokoh Muhammadiyah, umat, dan bangsa. Sebagai mantan ketua umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Amien diyakini paham betul kepribadian Muhammadiyah sebagai gerakan dakwah.

(Baca juga: Amien Rais Dianggap Lupa Khitah Muhammadiyah)

"Pak Amien pernah menulis lima doktrin Muhammadiyah. Salah satunya adalah tidak berpolitik praktis," ucap Mu'ti. 

Sebelumnya, Amien Rais mengungkapkan ketidaksetujuannya terkait sikap Ketum PP Muhammaduyah Haedar Nashir yang membebaskan kader Muhammadiyah menentukan sikap di Pilpres 2019. Amien menyatakan bakal menjewer Haedar jika benar membuat kebijakan demikian.

"Di tahun politik, tidak boleh seorang Haedar Nashir memilih menyerahkan ke kader untuk menentukan sikapnya di Pilpres. Kalau sampai seperti itu akan saya jewer," kata Amien di sela Tabligh Akbar dan Resepsi Milad ke-106 Masehi Muhammadiyah di Islamic Center Surabaya, Selasa, 20 November 2018.
 



(REN)

metro tv
  • OpsiOpsi
  • kick andyKick Andy
  • economic challengesEconomic Challenges
  • 360360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id