Menko Polhukam Wiranto/Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez
Menko Polhukam Wiranto/Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez

Pemerintah Jamin Tidak Ada Kerusuhan

Pemilu pemilu serentak 2019
Media Indonesia • 15 Maret 2019 08:24
Jakarta: Pemerintah membantah rumor adanya indikasi kerusuhan besar setelah Pemilu Serentak 2019. Pemerintah juga memastikan persiapan pengamanan pesta demokrasi, termasuk berbagai tahapannya, matang.
 
"Saya nyatakan di sini, dari eskalasi yang ada, dari laporan intelijen, saya katakan tidak ada kerusuhan. Keadaan masih terkendali dengan baik sampai sekarang dan mudah-mudahan sampai (aman) nanti pemilu," kata Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto seusai memimpin rapat koordinasi khusus tingkat menteri di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, seperti dilansir Media Indonesia, Jumat, 15 Maret 2019.
 
Baca: Pemilu Serentak 2019 Bakal Banyak Tantangan

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Rapat yang berlangsung tertutup itu membahas kesiapan pemerintah, penyelenggara, dan aparat keamanan jelang kampanye terbuka Pemilu 2019. Rapat tersebut juga dihadiri Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman, Ketua Badan Pengawas Pemiu (Bawaslu) Abhan, Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Djoko Setiadi, serta perwakilan Badan Intelijen Negara (BIN), Kejaksaan Agung, dan instansi terkait lainnya.
 
Wiranto mengakui ada pihak yang mengembuskan isu jelang dan pascapemilu akan terjadi kerusuhan besar atau gerakan people power. Wiranto mengimbau seluruh masyarakat agar tidak perlu khawatir dan tidak mudah terhasut isu gangguan keamanan fisik dalam rangka pemilu.
 
"Karena itu, tidak perlu meninggalkan Indonesia. Kita minta seluruh masyarakat untuk melaksanakan kewajiban memilih capres-cawapres maupun anggota legislatif," ujarnya.
 
Baca: KPU Siap Menggelar Pemilu Serentak
 
Menurut Wiranto, pemerintah melalui aparat keamanan menjamin keamanan pemilu. Begitu pula dengan KPU dan Bawaslu yang selalu ditekankan agar bisa melaksanakan pelbagai tahapan pesta demokrasi dengan lancar dan baik.
 
Ia berharap masyarakat selaku pemilih, partai politik, kandidat, serta tim sukses masing-masing juga bersedia mematuhi ketentuan yang ditetapkan panitia. "Dengan demikian maka harapan pemilu dapat berjalan lancar dan kondusif akan terealisasi," ucap dia.
 

(OJE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif