Pemilu. Ilustrasi: Medcom.id/Mohammad Rizal.
Pemilu. Ilustrasi: Medcom.id/Mohammad Rizal.

Situng KPU: Suara NasDem Salip PKB

Pemilu pemilu serentak 2019
Faisal Abdalla • 24 April 2019 13:09
Jakarta: Perolehan suara sementara Partai NasDem menyalip perolehan suara Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Informasi itu diketahui dari data dalam sistem informasi penghitungan suara (situng) milik Komisi Pemilihan Umum (KPU).
 
Berdasarkan informasi yang dihimpun Medcom.id, Partai NasDem berada di posisi empat besar dengan perolehan suara sebesar 10,6 persen. NasDem menempel perolehan suara Partai Gerindra di angka 11,13 persen.
 
Daerah pemilihan (dapil) yang paling banyak menyumbang suara untuk Partai NasDem adalah Sumatera Utara II dengan 92.556 suara. Dapil Bengkulu menyusul dengan 83.298 suara.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Posisi tiga besar perolehan suara pemilihan legislatif (pileg) DPR RI masih dirajai PDI Perjuangan dengan perolehan sementara 19,66 persen suara, disusul Partai Golkar dengan perolehan suara 14,07 persen. PKB bertengger di posisi ke lima dengan perolehan 7,93 persen.
 
Berdasarkan data dalam situng ini, partai-partai yang sementara sudah mengantongi suara melebihi ambang batas parlemen sebesar 4 persen adalah PDI Perjuangan, Golkar, Gerindra, NasDem, PKB, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Amanat Nasional (PAN) dan Demokrat. Sementara itu, belum ada satu pun partai baru yang melampaui ambang batas parlemen.
 
Data perolehan suara sementara ini diambil dari angka yang tercantum dalam salinan formulir C1 sebagai dasil penghitungan suara di 78.631 tempat pemungutan suara (TPS) atau 9,6 persen dari total keseluruhan 813.350 TPS. Data itu terakhir diperbarui hari ini, Rabu, 24 April 2019 pukul 12.30.
 
Situng merupakan media bagi KPU untuk mempublikasikan progres hasil penghitungan suara kepada masyarakat. Publik bisa mengakses situng di laman www.pemilu2019.kpu.go.id. KPU menegaskan jika terdapat perbedaan antara angka yang tertulis dengan angka yang tercantum dalam salinan formulir C1, akan diperbaiki sebagaimana mestinya.
 
KPU juga mengajak publik untuk bersama-sama memantau situng. KPU membuka helpdesk bagi masyarakat yang menemukan ketidaksesuaian data yang dipublikasi dalam situng dengan data yang terdapat dalam hasil penghitungan suara dalam formulir C1 kuarto.
 
Baca: KPU Membenarkan Ada Pembakaran Surat Suara di Papua
 
KPU membuka akses terhadap hasil pindai formulir C1 kuarto di laman tersebut. Dengan begitu, publik bisa langsung mencocokan dengan data yang dientri KPU dalam situng.
 
Masyarakat yang menemukan ketidaksesuaian data dapat melapor ke narahubung KPU. Layanan ini tersedia di nomor telepon 021-319-025-67, aplikasi pesan instan WhatsApp di nomor 0812-1177-2443, atau melalui email di alamat bagianteknis@kpu.go.id
 
KPU juga menegaskan data dalam situng bukan hasil final untuk menentukan pemenang pemilu. Calon terpilih pada Pemilu 2019 akan ditentukan berdasarkan hasil rekapitulasi penghitungan suara dari formulir C1 plano yang dilakukan secara manual dan berjenjang, mulai dari tingkat TPS, kecamatan, kabupaten/kota, provinsi, dan nasional. Hasil itu baru akan diumumkan KPU selambat-lambatnya pada Rabu, 22 Mei 2019.

 

(OGI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif