Ilustrasi--Presiden Jokowi bertemu dengan Prabowo Subianto--ANTARA/Widodo S. Jusuf
Ilustrasi--Presiden Jokowi bertemu dengan Prabowo Subianto--ANTARA/Widodo S. Jusuf

Luhut: Jokowi Menanti Pertemuan dengan Prabowo

Pemilu pilpres 2019
Damar Iradat • 27 Mei 2019 12:47
Jakarta: Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, Presiden Joko Widodo berharap segera bertemu calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto. Jokowi sejak awal sudah siap untuk bertemu dengan Prabowo.
 
"Ya, bolanya (pertemuan Jokowi dan Prabowo) ada di sana (Prabowo)," kata Luhut di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin, 27 Mei 2019.
 
Ia menambahkan Jokowi juga sudah sering berbicara di media soal kesediaannya bertemu dengan Prabowo. Apalagi, Jokowi menegaskan, pascapemilu, ia siap bertemu dengan pihak mana pun.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jenderal Purnawirawan TNI itu membantah jika rencana pertemuan dua tokoh tersebut mandek. Menurut dia, komunikasi antara dua pihak juga terus terjalin.
 
Apalagi, Prabowo juga sudah sempat bertemu dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla. "Kan sudah ada komunikasi, Pak JK (Wakil Presiden Jusuf Kalla) sudah jalan," ujarnya.
 
Luhut juga memastikan ia masih berkomunikasi dengan Prabowo agar pertemuan dengan Jokowi dapat terealisasi. Namun, ia menolak membuka komunikasi dengan mantan Danjen Kopassus itu. "Ya, ya, kan teman-teman saya juga semuanya," kata Luhut.
 
Baca: Sandiaga: Pertemuan Jokowi dan Prabowo Tinggal Menunggu Waktu
 
Luhut sebelumnya juga sempat diminta Jokowi untuk berkomunikasi dengan Prabowo usai pencoblosan 17 April. Namun, pertemuan Luhut dengan Prabowo saat itu urung terjadi.
 
Seiring berjalannya waktu, pertemuan Jokowi dan Prabowo belum sempat terlaksana. Namun, belakangan, JK sudah bertemu dengan Prabowo pada Kamis, 23 Mei.
 
Jokowi saat itu mengatakan, pertemuan Prabowo dengan JK berdasarkan inisiatifnya dan JK. Namun, Jokowi belum mendapat laporan soal pertemuan tersebut.
 
Menurut Jokowi, keinginan untuk bertemu denfan Prabowo untuk mendinginkan suasana usai Pilpres 2019. Pertemuan dua elite politik, menurut mantan Gubernur DKI Jakarta itu akan menjadi contoh yang baik bagi masyarakat.
 
"Dilihat baik oleh masyarakat, akan dilihat baik oleh rakyat. Mendinginkan suasana, bahwa elite-elite politik rukun-rukun saja. Enggak ada masalah," kata Jokowi, Jumat, 24 Mei.
 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif