Komisioner KPU Hasyim Asyari. (Foto: MI/Bary Fathahilah)
Komisioner KPU Hasyim Asyari. (Foto: MI/Bary Fathahilah)

Evaluasi Debat Perdana Akan Melibatkan Capres-Cawapres

Pemilu debat capres pilpres 2019
19 Januari 2019 11:51
Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan melibatkan pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) Pilpres 2019 dalam evaluasi perdana debat kandidat. Evaluasi akan dilakukan bertahap mulai Senin, 21 Januari 2019.
 
Komisioner KPU Hasyim Asyarai mengatakan evaluasi pertama akan dilakukan secara internal penyelenggara. Dilanjutkan dengan evaluasi bersama tim pasangan capres cawapres untuk mendapatkan hasil yang lebih komprehensif.
 
"Ada dua hal utama yang akan dievaluasi. Soal bagaimana mengatur debat; siapa yang hadir, siapa yang diundang dan terkait teknis debat itu sendiri," ujarnya melalui sambungan satelit dalam Primetime News Metro TV, Jumat, 18 Januari 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Hasyim pelibatan tim pasangan calon dalam evaluasi dilakukan karena banyaknya saran dan kritik yang masuk ke KPU. Evaluasi juga untuk memastikan KPU dapat mengakomodasi pemilih dan peserta pemilu agar ada titik temu sebagai bagian dari kampanye untuk seri debat berikutnya.
 
Secara umum Hasyim menambahkan masukan yang diterima KPU adalah soal substansi atau materi debat yang disampaikan masing-masing pasangan calon. Namun ia menyebut kualitas dan substansi materi yang telah disampaikan dalam debat adalah tanggung jawab masing-masing calon dan timnya, bukan lagi menjadi ranah KPU.
 
"Kami meyakini pasangan 01 atau 02 melakukan evaluasi (juga) untuk penampilan debat berikutnya," ungkapnya.
 

 

(MEL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi