Wakil Presiden RI Jusuf Kalla. (Foto: MI/Adam Dwi)
Wakil Presiden RI Jusuf Kalla. (Foto: MI/Adam Dwi)

JK Yakin Para Pendukung Menerima Hasil Pemilu

Pemilu jusuf kalla pemilu serentak 2019
Achmad Zulfikar Fazli • 16 April 2019 19:33
Jakarta: Wakil Presiden Jusuf Kalla menyakini para pendukung dari masing-masing calon presiden dan calon wakil presiden akan menerima apa pun hasil Pilpres 2019. Apalagi, selama ini sudah banyak digelorakan tentang pemilu damai.
 
"Semua juga menerima hasil pemilu itu apabila dilaksanakan dengan baik. Itu sudah kesepakatan, jadi yakinlah masing-masing akan menerima," ujar JK di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Selasa, 16 April 2019.
 
JK menyampaikan bila ada yang tak menerima hasil pemilu, ada jalan yang bisa ditempuh untuk menggugatnya. Sehingga, dia menilai tak ada yang perlu dikhawatirkan pascapemilu nanti.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jadi tidak perlu dikhawatirkan, karena itu rule of the game daripada pemilu begitu," kata dia.
 
Baca juga:Pemilih Dilarang Swafoto di TPS
 
Di sisi lain, dia yakin proses pencoblosan di Tanah Air lebih tertib ketimbang di luar negeri, meskipun ada lima surat suara yang harus dicoblos. Pasalnya, jumlah TPS di Tanah Air lebih banyak.
 
Dia juga mengimbau para pemilih datang lebih awal. Karena, dia memprediksi satu orang membutuhkan waktu 12-15 menit untuk memberikan hak suara di bilik suara.
 
"Jadi memang dianjurkan untuk lebih cepat," ucap dia.
 
Kendati demikian, dia mengapresiasi partisipasi pemilih di luar negeri. Meskipun ada sedikit kendala, partisipasi pemilih di luar negeri cukup tinggi pada Pemilu 2019 ini. Dia berharap animo itu tertular ke dalam negeri.
 
"Saya kira pemilu ini yang tingkat partisipasinya paling tinggi di luar negeri, khususnya kita harapkan besok partisipanya tinggi," ujar dia.
 

(MEL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif