Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Bara Hasibuan. (Foto: MI/Bary Fathahillah)
Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Bara Hasibuan. (Foto: MI/Bary Fathahillah)

PAN Tak Melihat Kecurangan Sistematis di Pilpres

Pemilu pilpres 2019
Arga sumantri • 16 Mei 2019 16:20
Jakarta: Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Bara Hasibuan mengaku tidak melihat ada kecurangan yang terstruktur, sistematis, dan masif dalam Pilpres 2019. Kecurangan pilpres, kata dia, sekadar tuduhan tanpa bukti kuat dan otentik.
 
"Sampai sekarang belum ada bukti, indikasi yang kuat untuk bisa mendukung tuduhan (kecurangan) tersebut," kata Bara di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis, 16 Mei 2019.
 
Bara menilai Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno seharusnya menunjukkan bukti-bukti kecurangan secara konkret ke publik. Setelah itu, membawa perkara tersebut melalui mekanisme konstitusi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Apakah itu jalur Bawaslu (Badan Pengawas Pemilu) maupun Mahkamah Konstitusi, itu kan sudah jelas," ujarnya.
 
Baca juga:TKN: Putusan Bawaslu Soal Situng Tegaskan Mekanisme Pemilu
 
Menurut Bara, sudah waktunya para elite politik bersikap negarawan dengan mempercayakan mekanisme konstitusi dalam menyelesaikan sengketa pemilu. Hal ini penting guna memberikan contoh kepada masyarakat.
 
"Jadi ini saya pikir ini adalah tes bagi kita semua. Elite, juga kandidat dari pemilihan presiden dan legislatif harus menunjukkan sikap kenegarawanan," ungkapnya.
 
Sebelumnya, calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto menegaskan menolak hasil penghitungan suara Pemilu 2019 yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU). Prabowo menilai telah terjadi kecurangan selama proses pemilu, mulai dari masa kampanye hingga penghitungan suara yang masih berjalan.
 
"Saya akan menolak hasil penghitungan suara pemilu, hasil penghitungan yang curang," ujar Prabowo saat berbicara dalam acara 'Mengungkap Fakta-Fakta Kecurangan Pilpres 2019' di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta Pusat, Selasa, 14 Mei 2019.
 

(MEL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif