Ilustrasi. Foto; Antara/Akbar Nugroho Gumay.
Ilustrasi. Foto; Antara/Akbar Nugroho Gumay.

Politik Indonesia Perlu Hiburan

Pemilu pemilu serentak 2019
10 Februari 2019 16:00
Jakarta: Tensi politik di Indonesia meninggi menjelang Pemilu 2019, khususnya Pilpres. Ketegangan politik itu dinilai perlu dihibur agar tidak nampak lagi wajah permusuhan.
 
Hal itu diungkapkan Sekjen Pergerakan Indonesia Abi Rekso menanggapi video Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Grace Natalie.
 
Menurutnya, di tengah hiruk pikuk politik yang kian sumuk. Banyak rakyat yang semakin terbelah dengan isu-isu sentimen politik. Kehidupan demokrasi juga kian terganggu dengan intensitas ketegangan politik yang semakin tajam.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Grace dengan video jenaka itu memberi sebuah sikap optimisme, bahwa politik harus gembira. Grace memberikan 'ice breaker' buat banyak orang. Politik jangan melulu ditampilkan dengan wajah yang bengis dan permusuhan. Sesekali perlu melempar daya tarik seperti Grace. Itukan menyegarkan," kata Abi Rekso,, Minggu, 10 Februari 2019.
 
Baca: Perilaku Paslon Memicu Tensi Politik
 
Abi menjelaskan, masyarakat akan muak dan apolitis jika politik diisi dengan kebencian, kemarahan, yang berujung pada pertengkaran. Padahal, polemik itu bukan membahas sesuatu yang fundamental. Polemik itu selalu dipicu dengan gempuran berita bohong dan seruan kebencian.
 


 
Terkait Sandiaga Uno yang juga berupaya memberi hiburan politik dengan gaya rambut petai atau banyolan dengan data-data palsu. Abi menilai hiburan yang disampaikan Sandiaga tidak tepat dan
 
"Itu adalah kekonyolan politik. Resep itu akan manjur jika Sandi beralih fungsi menjadi komedian. Kegembiraan politik bukan bersama kebodohan dan kebohongan. Kegembiraan muncul bersama senyum, kecerdasan, dan harapan masa depan. Dengan begitu, publik dan generasi milenial mengerti. Bahwa politik bukanlah awal dari permusuhan. Politik adalah kegembiraan, di masa depan,” kata Abi Rekso.
 
Seperti diketahui video Grace beredar di media sosial Twitter. Dalam video itu Grace berkelakar tentang es teh manis. Video ini diunggah oleh akun resmi PSI @psi_id, pada Sabtu, 9 Februari 2019.
 

(FZN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif