Warga melintas di dekat gambar mural capres Joko Widodo dan Prabowo Subianto di Jalan Juanda, Depok, Jawa Barat. Foto: MI/Bary Fathahilah.
Warga melintas di dekat gambar mural capres Joko Widodo dan Prabowo Subianto di Jalan Juanda, Depok, Jawa Barat. Foto: MI/Bary Fathahilah.

Capres Cawapres Harus Berani Jual Program

Pemilu pilpres 2019
Fachri Audhia Hafiez • 24 Januari 2019 16:38
Jakarta: Calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) yang akan berlaga di Pilpres 2019 dinilai tak perlu memainkan politik identitas untuk meraih suara. Para kandidat dianjurkan menjual program laiknya negarawan.
 
"Untuk kedua kubu ini harus waspada dan harus bisa mengembalikan bahwa yang dijual harus program dan jangan lagi jual lagi ngomong hal-hal yang tidak penting," kata Peneliti Pusat Penelitian Politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (P2P-LIPI) Mouliza Donna di kantor Populi Center, Slipi, Jakarta Barat, Kamis, 24 Januari 2019.
 
Menurut dia, timses capres-cawapres nomor urut 01 dan 02 harus mengkampanyekan program-program yang menunjukkan kekuatan pemerintahan nanti. Sementara itu, memainkan sisi personal hanya akan menimbulkan kegaduhan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Karena ketika kita jualan orang, itu sangat mudah sekali pihak yang tidak bertanggung jawab itu diplintir dan dipolitisasi," ujar Donna.
 
Baca: Moderator Debat Kedua Pilpres Diumumkan Besok
 
Dia mengatakan baik kubu Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subainto-Sandiaga Uno harus menghindari mempertontonkan kegaduhan antarmasing-masing kubu. Pasalnya, hal itu hanya membuat masyarakat pemilih jenuh.
 
"Ada anggapan, 'Politik gini gini terus ya'. Ya sebetulnya dengan politik, masyarakat seharusnya bisa mengurus dirinya memberi masa depan yang baik. Tapi, ternyata pada berantem dengan berita yang enggak jelas," ucap Donna.
 


 

(OGI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif