Sinergisitas MA-MK Perlu Dievaluasi
Pengamat politik Pangi Syarwi/Dok Pribadi
Jakarta:Pengamat Politik Voxpol Research and Consulting Pangi Syarwi Chaniago mengatakan sinergisitas antara Mahkamah Konstitusi (MK) dan Mahkamah Agung (MA) perlu dievaluasi. Kedua lembaga negara kerap berbeda pendapat.

"Saya melihat sinergisitas antarlembaga ini memang semakin kacau balau. Jadi memang diperlukan evaluasi," kata Pangi kepada Medcom.id, Jumat, 2 November 2018.


MA dan MK berbeda pendapat terkait aturan larangan pengurus parpol mencalonkan diri sebagai anggota DPD. MK dalam putusan 30/PUU-XVI/2018 yang ditindaklanjuti KPU melalui Peraturan KPU (PKPU) Nomor 26 Tahun 2018 malah dibatalkan MA. Dua putusan kontradiktif itu dianggap merugikan masyarakat karena berpotensi menimbulkan ketidakpastian hukum.

"Jadi memang lembaga negara kita harus dievaluasi juga karena sering berseberangan. Jadi membuat institusi negara tidak punya wibawa," ucap dia.

Baca: KPU Minta Pendapat MK Terkait Kemenangan OSO

Pangi meminta Presiden Jokowi mempertimbangkan usulan pimpinan DPD yang meminta MK dievaluasi. Namun, evaluasi yang dimaksud terkait sinergisitas antarlembaga, bukan mengevaluasi keberadaan MK.

"Tetapi intervensi Presiden di MK juga jangan sampai merusak wibawa MK dan memengaruhi putusan hukum. Jadi yang perlu dievaluasi adalah sinergisitas MA dan MK. Sampai kapan putusan berseberangan terus kan kan pusing juga Presiden. Kalau lembaga negara kompak kan aman negara ini," beber dia.

Sebelumnya, surat dari pimpinan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI kepada Presiden Joko Widodo dan sejumlah lembaga tinggi negara tersebar di kalangan pewarta. Pimpinan DPD RI meminta evaluasi keberadaan Mahkamah Konstitusi (MK).

Surat ditandatangani Wakil Ketua DPD RI Nono Sampono. Dalam surat, pimpinan meminta evaluasi lantaran keputusan MK soal larangan anggota DPD aktif di kepengurusan partai politik.

Wakil Ketua DPD Nono Sampono membenarkan surat yang ia tandatangani. Nono mengklaim evaluasi MK juga diinginkan DPR dan MPR.



(OJE)

metro tv
  • OpsiOpsi
  • kick andyKick Andy
  • economic challengesEconomic Challenges
  • 360360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id