Diskusi 'Jelang Debat Siapa Hebat' - Medcom.id/Whisnu Mardiansyah.
Diskusi 'Jelang Debat Siapa Hebat' - Medcom.id/Whisnu Mardiansyah.

Milenial Diprediksi Tak Tonton Debat Pilpres

Pemilu debat capres cawapres pilpres 2019
Whisnu Mardiansyah • 12 Januari 2019 17:51
Jakarta: Kelompok milenial diprediksi tak tak terlalu antusias dengan siaran langsung debat calon presiden dan wakil presiden pada 17 Januari 2019. Menyiasati itu, tim sukses dituntut bisa mengemas isi materi debat untuk kemudian disebar ke media sosial.
 
"Karena milineal itu tidak terlalu intens memerhatikan debatnya tetapi dia akan intens bertautan di media sosialnya jadi agenda pertamanya adalah tentu pesan di debat yang kemudian diresonansikan di media sosial," kata Pengamat Politik Gungun Heryanto dalam diskusi 'Jelang Debat Siapa Hebat' di kawasan Jakarta Pusat, Sabtu, 12 Januari 2019.
 
Gungun menyebut kalangan milenial lebih mudah menangkap materi dengan gaya bahasa sederhana. Penyampaian materi debat yang formal disiarkan langsung di televisi dengan gaya bahasa yang normatif tak disukai kalangan ini.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Semua pasangan itu harus mampu menerjemahkan dengan bahasa-bahasa yang jauh lebih down to earth lebih membumi terutama persepsi khalayak pemilih milenial," tutur dia.
 
(Baca juga:KPU Manfaatkan Medsos Tingkatkan Partisipasi Pemilih Pemula)
 
Sejatinya, atensi publik menyaksikan debat secara langsung di televisi, tak begitu besar seperti di Pilpres 2014 lalu. Apalagi, arus informasi saat ini begitu masif dan dengan mudahnya memviralkan sebuah informasi.
 
"Yang antusias sebenarnya ramainya di dialektika di medsos," ucap dia.
 
Untuk itu, tugas dari tim sukses masing-masing memudahkan kelompok milenial menangkap materi-materi yang disampaikan pasangan calon. Materi yang disampaikan tak terkesan teknis namun mudah diterima.
 
"Kaum milenial mendapatkan inside dari isu hukum, HAM dan terorisme itu jadi lebih jauh tidak teknis atau tinggi tetapi jauh lebih mudah dikonsumsi," pungkas dia.
 


 

(REN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif