Ilustrasi - Medcom.id.
Ilustrasi - Medcom.id.

Caleg Petahana Unggul dari Caleg Baru

Pemilu caleg pemilu serentak 2019
Kautsar Widya Prabowo • 25 Februari 2019 06:14
Jakarta: Calon legislatif (Caleg) incumbent atau petahana dinilai lebih unggul dibandingkan Caleg yang baru. Caleg baru membutuhkan tenaga lebih untuk mengenalkan namanya di tengah masyarakat.
 
"Biasanya dengan kompleksitas banyak jumlah partai, banyaknya Caleg, tenggelamnya euforia Pileg bareng Pilpres, kecenderungan pemilih akan melihat yang sudah kenal saja," kata Direktur Charta Politika Yunarto Wijaya di Jakarta, Minggu, 24 Febuari 2019.
 
Yunarto mengatakan selain membutuhkan tenaga ekstra, dari sudut finansial, caleg incumbent jelas memiliki cukup dana untuk membiayai kampanye. Apalagi, ada pengunaan dana reses selama lima tahun menjabat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dengan dana reses yang masa kampanye tanda kutip mereka bisa salurkan secara legal selama lima tahun itu modal besar buat konstituen," ujarnya.
 
(Baca: KPU Diminta Buka Informasi Caleg)
 
Menurut Yunarto, kondisi ini dapat diminimalisir dengan peran aktif masyarakat untuk mengenal lebih jaug Caleg di daerah pemilihannya. Masyarakat harus mengetahui detail rekam jejak Caleg.
 
Sayangnya, masyarakat Indonesia dinilai masih malas mengenal dekat sosok Caleg yang akan dipilih, dengan cara membaca. Berbanding terbalik dengan kegemaran masyarakat yang kerap berpendapat di media sosial tanpa data.
 
"Bukan hanya membaca buku, tapi budaya literasi bahkan di media online orang ingin mencari sesuatu ke kanal yang menginfokan tersebut itu belum cukup baik," pungkasnya.
 

(JMS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif