Cawapres nomor urut 01 Ma'ruf Amin. Foto: Medcom.id/Dian Ihsan Siregar.
Cawapres nomor urut 01 Ma'ruf Amin. Foto: Medcom.id/Dian Ihsan Siregar.

Ma'ruf: Presiden Harus Dominan di Debat Awal

Pemilu debat capres cawapres pilpres 2019
Dian Ihsan Siregar • 18 Januari 2019 11:07
Jakarta: Calon wakil presiden (Cawapres) nomor urut 01 Ma'ruf Amin tidak banyak bicara pada debat pertama tadi malam. Dia menilai debat itu lebih diutamakan untuk calon presiden (capres) sehingga dia hanya bertugas menambahkan saja agar lebih komplet.
 
"Dia (Presiden Joko Widodo)harus lebih dominan, saya hanya menambahkan saja karena dia capres. Makanya tadi malam pun saya tidak banyak bicara," kata Ma'ruf di kediamannya Jalan Situbondo, Menteng, Jakarta, Jumat, 18 Januari 2019.
 
Menurut dia, semua yang telah dijelaskan Jokowi akan didukungnya. Dia pun tidak menginginkan menyampaikan pendapat seperti orang balapan, padahal satu tim.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ya saya tinggal menyetujui, mendukung, jangan seperti orang balapan. Ngomong kayak saur manuk atau saut-sautan," jelas dia.
 
Pada debat kemarin malam, lanjut dia, kebanyakan mengarah ke kritik Jokowi. Alhasil, Jokowi yang lebih pas untuk menjawab.
 
Baca: Alasan Ma'ruf Tak Banyak Berargumen
 
"Kalau saya yang menjawab kan jadi tidak tepat karena kan saya tidak mengalami. Jadi kalau masa lalu, yang kritik soal ini, soal ini, yang jawab harus Pak Jokowi, dalam hal tertentu saja saya jawab," jelas dia.
 
Dia menambahkan memang porsi dirinya untuk mengatasi masalah terorisme. Dia pun sangat menguasai soal pertanyaan mengenai terorisme. "Walaupun saya (juga) ngomong soal lain, ada soal difabel, disabilitas juga, soal reformasi hukum dengan penataan regulasiu," tukas dia.
 


 

(OGI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif