Anggota Dewan Pengarah Badan Ideologi Pembinaan Pancasila Mahfud MD. Foto: Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto.
Anggota Dewan Pengarah Badan Ideologi Pembinaan Pancasila Mahfud MD. Foto: Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto.

Mahfud MD Belum Puas dengan Debat Perdana

Pemilu debat capres cawapres pilpres 2019
Theofilus Ifan Sucipto • 22 Januari 2019 16:07
Jakarta: Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD belum puas dengan debat perdana Pilpres 2019 yang membahas masalah korupsi. Dia menilai debat itu belum menawarkan harapan baru dalam pemberantasan korupsi.
 
“Karena isunya dari periode ke periode sama saja,” kata Mahfud di Gedung Pakarti Center, Jakarta Pusat, Selasa 22 Januari 2019.
 
Anggota Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) itu mengajukan dua saran untuk menuntaskan masalah korupsi. Pertama, pejabat yang terindikasi koruptor harus langsung dicopot.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut dia, mereka harus segera diberhentikan agar tidak melanggar hukum dengan korupsi. Dia menyebut langkah ini sebagai bagian penyegaran di struktur organisasi.
 
Baca: Najwa Shihab Ditolak Jadi Moderator Debat
 
Mahfud menyebut hal ini sudah dilakukan negara lain dan berhasil, seperti di Georgia. Mereka memberhentikan seluruh hakim selama satu tahun untuk menyiapkan hakim baru. Georgia lalu menyewa hakim dari Inggris dan Belanda untuk menangani kasus hukum.
 
Saran kedua, lanjut dia, meniru mantan Presiden Afrika Selatan Nelson Mandela dengan memutus hubungan dengan masa lalu. “Caranya, seorang pemimpin harus berani membersihkan birokrasinya dari kuasa politik dan menata hukum korupsi dari awal,” kata Mahfud.
 

 

(OGI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif